Natas Parapuar terletak di ketinggian kurang lebih 238 mdpl dan Taman Parapuar 184 mdpl, sehingga pengunjung dapat melihat keindahan Labuan Bajo baik dari segi perkotaan, jajaran landscape pulau-pulau maupun bukit-bukit, dengan titik pandang 360 dera
Mbay (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh mengatakan, saat ini Parapuar dapat digunakan lintas komunitas di Labuan Bajo Flores sebagai lokasi pameran dan pertunjukan kreativitas serta aktivitas wisata minat khusus seperti camping ground.
 
"Natas Parapuar terletak di ketinggian kurang lebih 238 mdpl dan Taman Parapuar 184 mdpl, sehingga pengunjung dapat melihat keindahan Labuan Bajo baik dari segi perkotaan, jajaran landscape pulau-pulau maupun bukit-bukit, dengan titik pandang 360 derajat," katanya dalam keterangan di Mbay, Ibu Kota Kabupaten Nagekeo, Selasa.
 
 
Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan BPOLBF untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan Parapuar kepada khalayak.
 
 
"Selain menikmati sunrise dan sunset, Parapuar juga dapat menjadi lokasi untuk melihat pemandangan di malam hari, baik dari cahaya lampu perkotaan maupun bintang-bintang yang terlihat jelas di malam hari, sehingga lokasi ini cocok dijadikan sebagai lokasi camping," katanya.
 
 
Ia menambahkan Parapuar Labuan Bajo juga dapat dijadikan lokasi event dan dari beberapa event yang pernah dilakukan tercatat total pengunjung selama event berlangsung sebanyak 2.000 pengunjung.
 
 
"Namun, tentu saja penggunaan kawasan ini sebagai lokasi kegiatan tentu harus melalui prosedur yakni meminta izin kepada pihak BPOLBF," katanya.
 
 
Lebih lanjut ia menjelaskan beberapa titik lokasi sebagai ruang kreasi dari lintas komunitas dan publik juga telah dibuka di Parapuar seperti dengan adanya Taman Parapuar dan Natas Parapuar, serta akses jalan masuk yang telah dibangun sepanjang 1,5 km.
 
 
Kedua lokasi ini telah beberapa kali digunakan sebagai lokasi penyelenggaran event, baik event oleh BPOLBF, maupun lintas komunitas di Labuan Bajo Flores seperti Picnic Over The Hill Volume I dan II pada 2023 lalu, Kongkow Lintas Komunitas (KONTRAS), Weekend at Parapuar, Showcase Seni Pertunjukan, Show Stand Up Comedy Labuan Bajo, lokasi pertemuan lintas stakeholder, dan juga menjadi lokasi Green Action.
 
 
Selain itu, kedua lokasi ini juga beberapa kali menjadi tempat aktivitas dari komunitas olahraga minat khusus seperti yoga, meditasi, dan juga zumba.

Baca juga: BPOLBF tawarkan Parapuar untuk promosi produk SLBN Komodo Labuan Bajo
Baca juga: Plt Dirut BPOLBF sebut Labuan Bajo memiliki potensi ekraf yang besar
Baca juga: Frans Teguh sebut yoga-meditasi aktivitas baru di Parapuar Labuan Bajo

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024