Jakarta (ANTARA News) - Tampil sangat perkasa dan sangat ofensif di kandangnya di White Hart Lane Minggu malam ini, Tottenham Hotspur menggasak tamunya Stoke City tiga gol tanpa balas untuk meraih poin penuh tiga.

Roberto Soldado mengawali berondongan tiga gol timnya pada menit 37 babak pertama dari kotak penalti setelah Ryan Shawcross menahan laju bola sepakan Emmanuel Adebayor dengan tangannya.

Kedudukan 1-0 bertahan sampai babak pertama usai dalam permainan yang berjalan tidak seimbang dengan begitu dominannya tim tuan rumah. 

Livescore mencatat, pada babak pertama saja Tottenham menguasai 68 persen penguasaan bola dan melesakkan tujuh tembakan, sementara Stoke tak mampu melepaskan satu pun tembakan ke gawang the Lily White.

Pada babak kedua, perimbangan tak berubah, sebaliknya tuan rumah kian menjadi-jadi dengan membombardir area gawang Stoke sebanyak 20 kali, sedangkan Stoke cuma dua kali melakukannya.

Soldado kemudian mengaransemen gol kedua Spurs pada menit 65 yang diciptakan Mousa Dembele lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang datang meluncur menuju sudut kanan bawah gawang Stoke yang dijaga Thomas Sorensen.

Empat menit kemudian, giliran Emmanuel Adebayor yang merancang gol pamungkas Spurs yang diciptakan gelandang Aaron Lennon lewat tendangan kaki kanannya dari sudut kanan kotak penalti lawan yang diarahkan ke sudut kiri atas gawang Sorensen.

Kemenangan ini membuat klub asuhan Tim Sherwood naik satu peringkat ke posisi tujuh klasemen Liga Premier menggusur Newcastle yang baru saja dikalahkan Arsenal 1-0.

Spurs kini mengoleksi 34 poin atau sama dengan Manchester United yang menempati posisi enam karena unggul selisih gol.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013