USU telah memilih jalan untuk mendapatkan pengakuan global dari layanan Tridarma Perguruan Tinggi...salah satu tujuannya adalah demi memastikan proses pembelajaran yang kita jalani memang memenuhi standar internasional,
Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Muryanto Amin menyebutkan kebijakan untuk menjadi perguruan tinggi berstatus World Class University (WCU) dipilih demi memastikan proses pembelajaran di perguruan tingi negeri tertua di Sumatera itu memenuhi standar internasional.

"USU telah memilih jalan untuk mendapatkan pengakuan global dari layanan Tridarma Perguruan Tinggi. Kebijakan yang telah diambil untuk menjadi WCU tentunya salah satu tujuannya adalah demi memastikan proses pembelajaran yang kita jalani memang memenuhi standar internasional," katanya di Medan, Kamis, pada prosesi wisuda 2.211 lulusan perguruan tinggi itu.

Ke-2.211 wisudawan yang telah menyelesaikan studi nya mulai dari Februari hingga April 2024 tersebut masing-masing Program Doktor sebanyak 52 orang, Program Magister 287 orang, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 3 orang, Program Pendidikan Spesialis 21 orang, Program Dokter Jenjang Magister 34 orang, Pendidikan Profesi 267 orang, Program Sarjana 1.461 orang, dan Program Diploma 86 orang.

Ia mengatakan sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, USU telah melakukan berbagai penataan program selama tiga tahun terakhir dan terus berlanjut tanpa henti, agar menghasilkan alumni yang memiliki future skill yang diperlukan dunia kerja.

Baca juga: Rektor: USU terus berbenah menuju world class university

Program layanan Tridarma yang diberikan USU menjadi bagian untuk menciptakan future skill yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja.

Disrupsi global yang terjadi dan sangat sulit diprediksi, kata dia, sehingga mengharuskan USU memiliki proses layanan Tridarma yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang cepat diserap oleh industri.

Atas dasar itu, lanjutnya, USU telah meletakkan fondasi memperkuat academic environment untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) dan direkognisi oleh lembaga penilai nasional maupun pemeringkatan lembaga internasional yaitu QS dan THE.

Melalui proses penataan itu, capaian kinerja yang diraih USU di tingkat internasional antara lain meraih peringkat 1.501 THE WUR dan peringkat 501-600 THE AUR tahun 2024, peringkat 800-1000 THE Impact Rank tahun 2024, dan peringkat 5 terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi Scimago Rank tahun 2024.

"Kemudian peringkat 12 perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia versi Webometric tahun 2023 dan peringkat 4 terbaik perguruan tinggi negeri Indonesia bidang riset versi Schimago tahun 2024," katanya.

Baca juga: USU kampus riset terbaik 4 di Indonesia versi Scimago 2024


 

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024