Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan sebanyak 7.538 calon haji Indonesia ke Tanah Suci pada Rabu atau hari kesebelas operasional penyelenggaraan haji Indonesia.

Seluruh jamaah calon haji yang berangkat pada hari ini terbagi ke dalam 19 kelompok terbang (kloter) dari seluruh Indonesia dan akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

Baca juga: Sebanyak 72.481 calon haji Indonesia sudah tiba di Arab Saudi
 
"Hari ini, Rabu, 22 Mei 2024, terdapat 19 kelompok terbang dengan jumlah calon haji 7.538 orang, akan diterbangkan ke Madinah," kata Petugas Media Center Haji (MCH), Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.
 
Secara rinci, Widi menyebutkan seluruh jamaah calon haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter, Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter, dan Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter.
 
Selanjutnya, Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.320 orang atau tiga kloter, dan Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 orang atau satu kloter.
 
"Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 880 orang atau dua kloter, Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter," ujarnya.
 
Kemudian, kata Widi, Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 720 orang atau dua kloter dan Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 orang atau lima kloter.
 
Selanjutnya, Embarkasi Balikpapan (BPN) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta Embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter.

Baca juga: Permudah jamaah, Kemenag terapkan one-stop service di semua embarkasi

Baca juga: Jamaah Indonesia mulai bergerak dari Madinah ke Makkah
 
Kemenag menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi, jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Kemenag juga mengimbau kepada seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024