Saat ini volume kendaraan pendatang sudah berbaur dengan warga lokal
Cianjur (ANTARA News) - Kawasan Pucak Pass menuju dan dari Cianjur, Jawa Barat, tertutup bagi kendaraan besar layaknya bus dan truk selama Tahun Baru mulai 31 Desember 2013 hingga 2 Januari 2014.

"Mulai besok pagi kendaraan besar sejenis bus dan truk dengan tujuan Puncak tidak diperbolehkan melintas, dan akan diarahkan ke Jalur Jonggol," kata Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Cianjur, AKBP Dedy Kusuma Bakti, Senin.

Ia menjelaskan, larangan kendaraan besar melintasi Puncak Pass itu diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB, Selasa (31/12), sehingga bus dan truk di kawasan tersebut akan diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Pada Selasa pukul 18.00 WIB, Polres Cianjur mulai menutup total menuju Puncak Pass dari pertigaan Dr Muwardi-By Pass Cianjur bagi kendaraan umum, kecuali warga yang berdomisili di wilayah Cipanas dan Puncak.

Dia mengemukakan, menjelang pergantian malam Tahun Baru 2014 seluruh jalur ditutup total bagi kendaraan dengan tujuan Puncak dari arah Cianjur, kecuali warga yang berdomisili di wilayah Cipanas hingga Puncak.

"Ini kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya macet total akibat antrian panjang kendaraan menjelang pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas dan sekitarnya. Saat ini volume kendaraan pendatang sudah berbaur dengan warga lokal," ucapnya.

Adapun pada pukul 19.00 WIB, menurut dia, penutupan jalur akan dilakukan mulai dari pos Patroli Jalan Raya (PJR) Jabar 9 di wilayah Ciloto- Puncak, sehingga kendaraan termasuk sepeda motor menuju arah Bogor tidak diperkenankan melintas hingga 1 Januari 2014 pukul 03.00 WIB.

Hingga saat ini, Polres Cianjur mengerahkan dua per tiga pasukannya untuk mengamankan proses pergantian tahun di sejumlah tempat, termasuk upaya mencegah aksi kriminal maupun kemacetan lalu lintas secara total.

"Kami juga menempatkan sejumlah anggota penembak jitu di sejumlah titik yang dianggap rawan kriminal pada malam pergantian tahun. Harapan kami, Cianjur tetap aman dan kondusif selama malam pergatian tahun kali ini," demikian AKBP Dedy Kusuma Bakti. (*)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013