Saya sejak dua tahun terakhir menyediakan dagangan jagung muda, karena biasanya menjelang malam tahun baru pembeli cukup banyak, khususnya anak-anak yang akan mengadakan acara bakar jagung bersama teman-teman sebaya,"
Palembang (ANTARA News) - Para pedagang jagung muda di sejumlah pasar tradisional di Palembang menjelang pergantian malam Tahun Baru 2014 mulai bermunculan dalam dua hari terakhir ini.

Pantauan Antara di Pasar Tradisional Simpang Sungki dan Pasar 7 Ulu Palembang, Senin, banyak pedagang beralih menyediakan jagung muda musiman untuk memenuhi kebutuhan warga yang akan merayakan malam pergantian tahun.

Tradisi mengadakan acara bakar jagung muda setiap malam tahun baru sejak beberapa tahun terakhir digandrungi warga Kota Palembang, terutama dilakukan kaum remaja.

Menurut Ny Titin, pedagang sayuran yang beralih menyediakan stok jagung muda di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu, karena berdasarkan pengalaman setiap dua hari menjelang pergantian tahun warga banyak mencari jenis komoditas tersebut.

"Saya sejak dua tahun terakhir menyediakan dagangan jagung muda, karena biasanya menjelang malam tahun baru pembeli cukup banyak, khususnya anak-anak yang akan mengadakan acara bakar jagung bersama teman-teman sebaya," katanya.

Mengenai harga jual, menurut dia, kalau sekarang ini masih kisaran Rp6.000 per kilogram, namun melihat kondisi bila permintaan meningkat kemungkinan harga akan naik hingga Rp7.000 per kg.

Sedangkan pasokan, khusus stok jagung muda ini di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu sudah ada agen memasok ke sejumlah pedagang pengecer, jadi tidak susah mencari barang tersebut.

Ia mengaku, hanya beberapa hari menjelang malam tahun baru menyediakan khusus stok jagung muda, sedangkan hari-hari biasa berjualan sayur-mayur.

"Lumayan dari hasil menjual jagung muda dalam waktu tiga hari ini, sejak Minggu hingga Selasa (29-31 Desember) dua kwintal hingga 2,5 kwintal komoditas hasil pertanian tersebut habis terjual dengan keuntungan bersih mencapai Rp400 ribu hingga Rp450 ribu, katanya.

Para pedagang yang khusus menyediakan jagung muda ini tidak hanya di pasar tradisional, tetapi juga pada sejumlah pinggir jalan raya dan lorong/gang dapat ditemui dengan mudah.

(M033/I016)

Pewarta: M Suparni
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013