Jagung merupakan salah satu tanaman pangan strategis yang memiliki peran penting dalam ketahanan pangan dan keberhasilan ekonomi wilayah Provinsi Aceh
Banda Aceh (ANTARA) -
Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya panen perdana secara serentak Program I'M Jagong tahun 2023 di Gampong Ulee Geudong, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara.
 
"Program I'M Jagong ini merupakan tindak lanjut dari Program Ketahanan Pangan yang merupakan program prioritas pembinaan teritorial TNI dan dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Kodam Iskandar Muda," kata Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya di Aceh Utara, Sabtu.
 
Ia menjelaskan pihaknya telah sukses melaksanakan panen perdana komoditas jagung di tiga wilayah dalam Provinsi Aceh yakni wilayah Aceh Utara, Aceh Barat dan Aceh Besar.
 
Untuk wilayah Aceh Utara di pusatkan di Gampong Ulee Geudong, yang dipimpin langsung Pangdam Iskandar Muda, di wilayah Barat oleh Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Hadi Basuki dan di wilayah Aceh Besar dipimpin Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna.
 
"Jagung merupakan salah satu tanaman pangan strategis yang memiliki peran penting dalam ketahanan pangan dan keberhasilan ekonomi wilayah Provinsi Aceh," katanya.
 
Menurut dia pertanian merupakan salah satu sektor penting penopang perekonomian Nasional.
 
Ia mengatakan program I'M Jagong juga bagian mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan Swasembada Pangan di Republik Indonesia.
 
"Kodam Iskandar Muda sebagai salah satu komponen bangsa juga memiliki tugas dalam membantu Pemerintah, termasuk dalam upaya memperkuat Ketahanan Pangan Nasional," katanya.
 
Pihaknya berharap dengan kegiatan panen jagung perdana serentak tersebut dapat menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat guna mewujudkan perekonomian yang lebih kuat sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik lagi.
 
Pangdam yang turut didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda Iin Novi Helmy Prasetya juga menyerahkan bibit dan pupuk secara simbolis kepada perwakilan kelompok Tani.
 
Adapun untuk luas Panen I'M Jagong yang dilaksanakan panen serentak seluas 64 hektare dari 3.000 hektare yang sedang berjalan yakni Wilayah Timur Korem 011/LW seluas 1.000 Ha, Wilayah Barat Korem 012/TU seluas 1000 Ha dan Wilayah Tengah Kodim 0101/BS seluas 1.000 Ha.
 
Program Ketahanan Pangan I’M Jagong dilaksanakan secara berkelanjutan penanamannya di seluruh Wilayah Kodam IM, sehingga tercipta hilirisasi Industri.

Baca juga: Asosiasi minta pemerintah sinkronisasi kebijakan harga pakan jagung
Baca juga: Mentan luncurkan jagung varietas unggul hasil kolaborasi dengan Unhas

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023