Pariaman (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat akan memusatkan perayaan malam pergantian tahun di Pantai Gandoriah, Pariaman.

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, Selasa, mengatakan bahwa perayaan tersebut akan digelar mulai Selasa (31/12) siang hingga Rabu dinihari, dengan menampilkan beragam seni hiburan mulai dari kesenian tradisional hingga kontemporer.

"Khusus pada malam harinya atau detik-detik jelang pergantian tahun akan ada pesta kembang api di tiga lokasi, meliputi Pantai Gandoriah, Pantai Mangguang, dan Pantai Kata," katanya.

Wali Kota mengimbau semua pihak agar turut menciptakan suasana kondusif dan nyaman sepanjang gelaran acara tersebut.

"Mari kita saling menjaga ketertiban dan keamanan. Bagi yang ingin merayakan tahun baru, silahkan, tapi dalam suasana yang tertib, aman, dan tidak boleh berlebihan," katanya.

Dia meminta, agar semua pihak, khususnya para pengendara untuk tidak berbuat gaduh dengan melakukan konvoi secara ugal-ugalan di jalan-jalan.

"Jangan sampai ada acara ugal-ugalan, mabuk-mabukan, mari sesuaikan dengan adat dan budaya kita," lanjutnya.

Sementara itu, guna menciptakan suasana aman dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan di beberapa titik jalan, khususnya jalan-jalan yang menuju kawasan Pantai Gandoriah, Wali Kota mengaku telah berkoordinasi dengan petugas terkait.

"Selama perayaan malam tahun baru, Kota Pariaman akan diawasi oleh pihak berwenang," katanya.

Berdasarkan pantauan, dalam beberapa hari terakhir, sejumlah tempat wisata di Pariaman, seperti Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Pantai Mangguang sudah diramaikan para pengunjung dari sejumlah daerah di Sumatera Barat dan Riau.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, sejumlah komunitas di beberapa daerah, salah satunya komunitas off road asal Riau telah menyatakan siap untuk meramaikan pesta perayaan malam tahun baru di kota itu.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013