Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic merayakan ulang tahunnya yang ke-37, Rabu (22/5), dengan kemenangan ke-1.100 dalam kariernya saat ia bersiap untuk mempertahankan gelar French Open, dengan maju ke perempat final Geneva Open.

Petenis nomor satu dunia itu mengalahkan petenis Jerman Yannick Hanfmann 6-3, 6-3 pada babak kedua di lapangan Parc des Eaux-Vives di Jenewa.

Djokovic menjadi orang ketiga setelah Jimmy Connors dan Roger Federer yang mencapai rekor 1.100 kemenangan.

Djokovic memanfaatkan wild card untuk bermain di Jenewa dalam upaya menyelamatkan penurunan performa yang mengkhawatirkan menjelang French Open depan, Grand Slam kedua tahun ini.

Catatannya tahun ini adalah 13 kemenangan dan lima kekalahan, dan dia belum pernah mencapai final turnamen pada 2024.

Usai mengalahkan Hanfmann, penonton menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" untuk Djokovic sambil membawa kue dengan lilin ke lapangan.

Dia mengangkat kue itu dan memamerkannya kepada orang banyak, menikmatinya sebelum menawarkannya kepada ball kids atau anak-anak pemungut bola.

"Kuncinya adalah hari ulang tahun. Ulang tahun saya mungkin tidak akan sama jika saya tidak memenangi pertandingan," kata Djokovic, seperti disiarkan AFP, Kamis.

"Senang rasanya berada di sini untuk pertama kalinya di turnamen ini dan keluarga saya datang ke sini untuk memberikan dukungan juga. Saya tumbuh bersama bibi, paman, dan dua sepupu saya hampir sepanjang hidup saya," ujar petenis Serbia itu mengacu pada kerabatnya yang sekarang tinggal di Jenewa.

"Kami jarang bertemu satu sama lain akhir-akhir ini, jadi ini sangat menyenangkan. Saya mendapatkan waktu berkualitas di lapangan dan juga di luar lapangan."

"Terima kasih banyak karena menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun'. Itu sangat menyentuh, jadi saya sangat senang bisa menang di hari istimewa ini.”

Baca juga: Nadal selalu jadi favorit Djokovic untuk menangi French Open


Dalam pertandingan yang sempat terhenti karena hujan, Djokovic sempat tertinggal 3-0 pada set kedua namun mampu bangkit untuk menutup pertandingan.

Djokovic memukul bola dengan rapi dan konsisten dari baseline dan sesekali melakukan drop shot.

Djokovic akan menghadapi Denis Shapovalov atau Tallon Griekspor di perempat final pada Kamis.

Sementara unggulan kedua Casper Ruud, yang meraih gelar di Jenewa pada 2021 dan 2022, memastikan tempatnya di perempat final berkat kemenangan 4-6, 6-2, 6-2 atas petenis kualifikasi Austria Sebastian Ofner.

Itu adalah kemenangan tingkat tur ke-32 bagi Ruud musim ini. Tidak ada petenis yang meraih kemenangan lebih banyak pada 2024.

Petenis Norwegia peringkat tujuh dunia -- yang dikalahkan Djokovic di final French Open tahun lalu -- itu selanjutnya akan menghadapi unggulan kelima asal Argentina Sebastian Baez.


Baca juga: Djokovic yakin berada di puncak performa terbaiknya saat French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024