Pasien ini merupakan calon haji yang menumpangi Saudi Arabian Airlines saat melakukan pendaratan teknis mengisi avtur di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang
Medan (ANTARA) -
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan menyebut seorang calon haji  bernama Siti Munawaroh (76), asal Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, dinyatakan tim medis sudah sembuh.
 
"Siti Munawaroh dinyatakan sembuh oleh tim medis, dan dinyatakan layak terbang," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Medan, Sumatera Utara, Zulfan Effendi, di Medan, Kamis.
 
Calon haji ini, tutur dia, sempat mendapatkan perawatan intensif tiga hari di RSUD Amri Tambunan, Kota Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
 
Hasil pemeriksaan fisik dan diagnostik oleh tim dokter terhadap calon haji lanjut usia ini awalnya menderita sesak nafas, sehingga dirujuk ke rumah sakit milik Pemkab Deli Serdang.
 
Pasien ini merupakan calon haji yang menumpangi Saudi Arabian Airlines saat melakukan pendaratan teknis mengisi avtur di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, Ahad (19/5), pukul 23:30 WIB.
 
"Siti Munawaroh dirawat selama tiga hari, dan kita terus mendampingi dan memantau kondisinya sampai sembuh," kata dia.

Baca juga: Satu calon haji Pacitan meninggal di Tanah Suci
Baca juga: Jamaah Indonesia bersyukur petugas selalu sigap membantu
 
Pihaknya telah menyerahkan Siti Munawaroh beserta anaknya sebagai pendamping ke Saudi Arabian Airlines untuk dibawa kembali ke Embarkasi Surabaya.
 
Selanjutnya kedua calon haji Embarkasi Surabaya ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci.
 
"Tetapi sebelum diberangkatkan ke Embarkasi Surabaya beliau dan anaknya akan menginap satu malam di Embarkasi Medan," ungkapnya.
 
Zulfan juga menyebutkan calon haji atas nama Robiyah Sayun Tawan (72), asal Embarkasi Solo, Jawa Tengah masih dirawat intensif di RSUD Amri Tambunan.
 
Calon haji Embarkasi Solo ini penumpang Garuda Indonesia yang juga melakukan pendaratan teknis mengisi avtur di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Rabu (22/5) pukul 5:20 WIB.
 
Data Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan menyebut sebanyak 244 penerbangan jamaah calon haji empat embarkasi mengisi avtur di Bandara Internasional Kualanamu.
 
Keempat embarkasi itu, yakni Embarkasi Solo di Jawa Tengah, Embarkasi Surabaya di Jawa Timur, Embarkasi Banjarmasin di Kalimantan Selatan, dan Embarkasi Balikpapan di Kalimantan Timur.
 
"Kita terus memantau kondisi kesehatannya sampai dinyatakan sembuh," ungkap Zulfan.
 
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024