Jakarta (ANTARA) - Peristiwa penting dan menarik terjadi di Jakarta selama Kamis (23/5) mulai dari 213.831 warga telah memindahkan administrasi kependudukan sesuai dengan domisilinya hingga vaksin dengue untuk melindungi diri dari demam berdarah dengue (DBD).
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Heru ajak warga Jakarta ciptakan kerukunan umat beragama
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak warga Jakarta untuk menciptakan kerukunan umat beragama demi mewujudkan kota yang aman, damai, dan kondusif.
 
"Sejalan dengan tema Hari Raya Waisak yang diusung Kementerian Agama RI pada tahun 2024 ini tentang kesadaran atas keberagaman maka Jakarta juga tumbuh dan dihuni penduduknya yang beragam. Untuk itu, kerukunan antarumat beragama sudah pasti menjadi komitmen yang dipegang teguh oleh semua yang ada di sini," kata Heru di Jakarta, Kamis, saat bersama umat Buddha merayakan hari Waisak.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
2. 213.831 warga telah pindahkan administrasi kependudukan keluar Jakarta
 
Sebanyak 213.831 warga yang tidak lagi tinggal di Jakarta telah memindahkan administrasi kependudukan sesuai dengan domisilinya saat ini di luar kota metropolitan tersebut.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaluddin saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa jumlah tersebut berdasarkan data terakhir sampai Mei 2024.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
3. Vaksin dengue solusi preventif untuk lindungi diri dari DBD
 
Pakar kesehatan dr Monica Cynthia mengungkapkan bahwa vaksin dengue merupakan salah satu solusi preventif untuk melindungi diri dari demam berdarah dengue (DBD) yang kasusnya di Indonesia mencapai 91.000 sejak awal 2024 dengan 641 kematian.
 
Dia melalui keterangannya di Jakarta, Kamis, merujuk data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) menyatakan vaksin ini memiliki efikasi hingga 80,2 persen untuk pencegahan DBD.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
4. BPBD DKI siagakan perahu dan pelampung di kelurahan rawan banjir-rob
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiagakan perahu dan pelampung penyelamat (ring buoy) di kelurahan rawan banjir dan rob yang ada di Jakarta.
 
"Kami memastikan sarana dan prasarana pendukung penanganan banjir di kelurahan rawan banjir dan rob seperti perahu, pelampung penyelamat, hingga jaket pelampung siap untuk difungsikan," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Michael Sitanggang saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Berita selengkapnya klik di sini
 
5. Pengunjung TMII mencapai 15 ribu orang saat libur Waisak.
 
Pengelola menyebut pengunjung objek wisata dan edukasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur mencapai 15 ribu orang saat libur Hari Raya Waisak yang jatuh pada hari ini.
 
"Jumlah pengunjung TMII sampai dengan pukul 16.00 WIB tercatat sudah mencapai hampir 15 ribu orang," kata Humas TMII Novera Mayang Sari ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024