Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menarik hari Kamis masih dapat dinikmati hari ini, seperti Ogan Komering Ulu diterjang banjir bandang dengan tinggi air capai 1-2 meter.

Ada juga berita-berita lainnya, seperti Sebanyak 8.902 jamaah haji laksanakan umrah wajib pada Kamis, Baznas tak gunakan dana ZIS jika dilibatkan dalam makan siang gratis, Presiden dan Wapres sampaikan pesan & harapan pada Hari Raya Waisak.

Selain itu, ada Kemensos siapkan pelatihan kerja bagi penyintas banjir lahar Sumbar. Semuanya dapat dibaca di sini.

1. Ogan Komering Ulu diterjang banjir bandang, tinggi air capai 1-2 meter

Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel), diterjang banjir bandang akibat luapan Sungai Ogan yang terjadi pada Kamis (23/5) dini hari.

"Sungai Ogan meluap dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB hingga menimbulkan banjir bandang," kata Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu Gunalfi di Baturaja, Kamis.

2. Sebanyak 8.902 jamaah haji laksanakan umrah wajib pada Kamis

Petugas Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) RI Widi Dwinanda melaporkan sebanyak 8.902 jamaah haji diberangkatkan dari Madinah ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib pada hari ini, Kamis.

Widi menjelaskan, sebelumnya jamaah haji akan mengambil miqat makani (tempat) untuk berihram di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali. Miqat merupakan tempat bagi jamaah haji untuk berihram sekaligus memulai niat.


3. Baznas tak gunakan dana ZIS jika dilibatkan dalam makan siang gratis

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan tidak akan menggunakan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS), jika dilibatkan dalam program makan siang dan minum susu gratis untuk anak, yang diusung oleh pemerintahan terpilih.

Ketua Baznas RI Noor Achmad melanjutkan pihaknya justru akan memberdayakan para mustahik dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui binaan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas.


4. Presiden dan Wapres sampaikan pesan & harapan pada Hari Raya Waisak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan pesan dan harapannya dalam perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE, Kamis 23 Mei 2024, melalui media sosial.

"Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE. Semoga kebahagiaan, kedamaian, dan kebijaksanaan senantiasa menyertai kita semua," ujar Presiden Jokowi sebagaimana unggahan di media sosialnya.

5. Kemensos siapkan pelatihan kerja bagi penyintas banjir lahar Sumbar

Pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), bersama Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan sejumlah pelatihan kerja kepada penyintas banjir lahar dingin yang kehilangan mata pencaharian akibat terdampak bencana alam.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Kabupaten Tanah Datar menyebut hal tersebut setelah menerima keluhan dari masyarakat yang hingga kini masih berada di tenda-tenda pengungsian, namun tidak bisa bekerja akibat kehilangan mata pencaharian.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024