Dalam hal ini, kami siap mengawal semua usaha UMKM Solo Raya bisa naik kelas bahkan masuk ekosistem perekonomian nasional,
Sol (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berupaya ikut memperkuat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri dengan mengampanyekan Ayo Berkadin.

Ketua Kadin Kota Surakarta Ferry Septha di Solo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan upaya tersebut dilakukan mengingat UMKM berperan penting bagi ekonomi Indonesia.

"Intinya, UMKM yang bergerak dari paling dasar, usaha rumahan dari ibu rumah tangga, ibu-ibu PKK yang membuka usaha jualan kue, jualan masakan kemudian sudah terkurasi dan masuk ke ekosistem Dekranas kami dampingi dan menaikkan lagi secara kelas," katanya.

Baca juga: Kadin Jatim nilai metode "TeFa" tepat bagi pendidikan vokasi

Selain itu,  mereka diharapkan mampu memperluas pasar nasional bahkan mampu melakukan ekspor.

Dalam hal ini, dikatakannya, Ayo Berkadin memberi kesempatan kepada pelaku UMKM untuk menjadi anggota Kadin tanpa membayar biaya keanggotaan selama satu tahun.

"Dalam hal ini, kami siap mengawal semua usaha UMKM Solo Raya bisa naik kelas bahkan masuk ekosistem perekonomian nasional," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, selama kampanye tersebut sudah ada sebanyak 250 UMKM di Solo Raya yang mendaftar ke Kadin.

"Dengan menjadi anggota Kadin, para pelaku usaha UMKM akan mendapatkan edukasi, pengembangan kapasitas maupun pendampingan konsultasi bisnis," katanya.

Selain itu, dikatakannya, para pelaku UMKM juga mampu memperluas jejaring serta kesempatan untuk mengikuti temu bisnis serta pameran UMKM di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Kadin: Program pelatihan perlu diselaraskan dengan kebutuhan industri

Sebelumnya, Kadin Indonesia juga berkesempatan melakukan kampanye Ayo Berkadin bersamaan dengan penyelenggaraan peringatan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo, pekan lalu.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kadin Indonesia Yukki N Hanafi mengatakan Kadin memiliki program strategis, yakni mendukung program-program pemerintah serta menjadi wadah untuk UMKM naik kelas.

"Kami hadir di HUT Dekranas dengan tujuan utama membantu UMKM yang diharapkan bisa didorong untuk naik kelas. Kami percaya anggota dan UMKM binaan Dekranas memiliki kemampuan untuk dapat berkembang lebih maju lagi dalam bisnisnya," katanya.

Dalam hal ini, dikatakannya, Kadin Indonesia menyiapkan platform dan fasilitas untuk membuat UMKM jadi naik kelas.

"Tugas kami adalah mendampingi dan memberikan pelatihan serta fasilitas agar UMKM terus berkembang. Kami percaya anggota dan UMKM binaan Dekranas ini punya potensi ekspor produknya ke luar negeri," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024