Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat.

Megawati memulai pidatonya dengan menyapa peserta rakernas yang datang. "Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu yang sangat saya hormati dan tentunya anak-anakku yang sudah datang," kata dia.

Megawati tiba di Beach City International Stadium Ancol sekitar pukul 13.00 WIB dan disambut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga, dan Menteri Sekretaris Kabinet sekaligus mantan Sekjen PDIP Pramono Anung.

Megawati beserta jajaran pengurus PDIP sempat menaiki mobil kereta (buggy car) sebelum menuju arena utama rakernas.

Baca juga: Megawati sampaikan pidato politik pada hari pertama Rakernas V PDIP

Megawati mengitari stan pameran dan melihat-lihat patung banteng berdarah tertusuk panah yang berdiri di tengah-tengah area pameran lokasi rakernas.

Kemudian, Megawati tiba di arena utama Rakernas V PDIP sekitar pukul 14.05 WIB dan memasuki arena rakernas didampingi Ketua DPP PDIP sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani.

Di arena rakernas, ribuan peserta telah menunggu kedatangan Megawati. Tampak di antara para ribuan peserta rakernas tersebut adalah Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Baca juga: PDIP jelaskan alasan tak undang Jokowi dan Gibran di Rakernas V

Selain itu, petinggi partai politik koalisi pendukung Ganjar-Mahfud juga tampak hadir, seperti Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rusli Effendi.

Hadir pula menteri kabinet dari PDIP, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdulah Azwar Anas, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.

Menteri kabinet lainnya yang juga tampak hadir, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selain itu, tokoh nasional seperti Wakil Presiden Ke-6 Republik Indonesia Try Sutrisno, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) turut menghadiri rakernas itu.

Baca juga: Rakernas PDIP bahas sikap politik, program kerakyatan, hingga pilkada

Sebelumnya, Ketua Panitia Pengarah Rakernas V PDIP Djarot Saiful Hidayat menjelaskan bahwa Rakernas V PDIP akan membahas tiga persoalan pokok, yakni sikap politik, perumusan program kerakyatan, hingga pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pembukaan rakernas tersebut dihadiri sekitar 4.858 orang peserta yang terdiri atas fungsionaris DPP Partai; ketua, sekretaris, bendahara DPD dan DPC partai, anggota DPR RI, badan dan sayap partai, ketua, sekretaris, bendahara DPLN dari 16 negara, anggota DPRD provinsi, kabupaten, kota, kepala dan wakil kepala daerah dari PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih Pemilu 2024 yang nonpetahana.

Rakernas V PDIP mengangkat tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang" dengan subtema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya". Rakernas berlangsung pada Jumat ini hingga Minggu (26/5).

Baca juga: Presiden Jokowi dipastikan tak hadiri Rakernas V PDIP
Baca juga: Hasto: Rakernas PDIP hanya undang figur yang tegakkan demokrasi hukum

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024