Ini bisa jadi inspirasi kami untuk membangun kawasan wisata serupa di Johor
Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad membawa Menteri Besar Johor Bahru Malaysia Yang Amat Berhormat (YAB) Dato' Onn Hafiz Ghazi berkeliling Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang.

Menteri Besar Johor dan rombongan tiba di Dermaga Pulau Penyengat menggunakan kapal cepat pada Jumat (24/5) siang, dan langsung disambut Gubernur Ansar Ahmad beserta jajaran dengan ditandai pemasangan tanjak (topi khas Melayu) ditambah pertunjukan pencak silat.

"Selamat datang di objek wisata bersejarah, Pulau Penyengat," kata Gubernur Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Jumat, saat menyambut Menteri Besar Johor Bahru dan rombongan.

Tak lama, Gubernur Ansar dan Dato' Onn beserta rombongan langsung menaiki gerobak listrik (Gelis) lalu berkeliling menyambangi beberapa peninggalan sejarah di Pulau Penyengat, antara lain berziarah ke makam Engku Puteri dan Raja Haji Fisabillah, lalu singgah ke Balai Adat Indera Perkasa dan diakhiri dengan salat Jumat berjemaah di Masjid Sultan Riau Penyengat.

Di sela-sela kunjungannya, Gubernur Ansar dan Dato' Onn menyempatkan diri menikmati kuliner khas Penyengat, seperti teh tarik dan otak-otak.

Baca juga: Pemprov Kepri gelar Festival Indera Sakti guna tarik wisatawan

"Ini kunjungan perdana saya ke Pulau Penyengat," ujar Dato' Onn.

Menteri Besar Johor itu takjub dengan keindahan Pulau Penyengat, sebagai salah satu objek wisata sejarah, budaya dan religi di Kepri.

Ia pun mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan Gubernur Ansar untuk mempercantik Pulau Penyengat selama dua tahun terakhir.

"Ini bisa jadi inspirasi kami untuk membangun kawasan wisata serupa di Johor," ucapnya.

Selain itu, Dato' Onn juga berharap kunjungannya ke Pulau Penyengat khususnya, dan Kepri pada umumnya dapat meningkatkan silaturahmi warga di kedua wilayah tersebut.

Ia turut mengundang Gubernur Ansar serta seluruh masyarakat Kepri untuk berkunjung ke Johor dalam acara Tahun Melawat Johor 2026.

Di samping itu, lanjut dia, kunjungannya ke Kepri diharapkan bisa meningkatkan kerja sama kedua wilayah baik di sektor pembangunan, ekonomi hingga pariwisata.

"Kepri dan Johor punya kedekatan budaya dan sejarah, sehingga tentu banyak peluang kerja sama yang bisa dijajaki untuk meningkatkan ekonomi kedua wilayah ini," ucapnya.

Senada, Gubernur Ansar Ahmad mengapresiasi kunjungan kerja Menteri Besar Johor dan rombongan ke Kepri, khususnya di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Ia optimistis kunjungan tersebut memberikan banyak manfaat positif bagi Kepri dan Johor dalam meningkatkan hubungan kerja sama bilateral, apalagi dahulunya pernah terbangun kerja sama SIJORI atau Singapura, Johor dan Riau (sekarang Kepri).

"Hari ini, kita akan berdiskusi banyak hal dengan Menteri Johor, salah satunya terkait potensi kerja sama di sektor pariwisata," ujar Ansar.

Baca juga: Pemprov Kepri lanjutkan proyek revitalisasi Pulau Penyengat

Baca juga: Kepala Bappenas: Revitalisasi Pulau Penyengat dilanjutkan 2024





 

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024