Mataram (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiah (NWDI), Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menyatakan mendukung duet Zulkieflimansyah - Sitti Rohmi Djalilah atau Zul-Rohmi untuk maju kembali dalam kontestasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 27 Nopember 2024.

"Saya dukung karena beliau (Zulkieflimansyah) sahabat," kata TGB di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center di Mataram, Jumat.

Selain karena bersahabat, kata TGB, hanya Zulkieflimansyah yang selama ini meminta dukungannya untuk tetap berduet bersama Sitti Rohmi Djalilah pada Pilkada gubernur dan wakil gubernur NTB pada 27 Nopember mendatang.

"Hanya beliau (Zulkieflimansyah) yang meminta dukungan. Yang lain kan nggak ada yang minta dukungan. Masak kita mau mendukung yang nggak minta dukungan," tegasnya.

TGB menegaskan meski ada isu Sitti Rohmi Djalilah berpasangan dengan bakal calon ini dan itu, salah satunya Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin. Dirinya menilai bahwa hal itu wajar dalam dinamika politik terlebih lagi di Pilkada.

"Wajar saja dinamikanya seperti itu, karena masih berproses," ujar TGB.

Mantan Gubernur NTB dua periode ini pun mengatakan sampai saat ini komunikasinya dengan kakak kandungnya Sitti Rohmi Djalilah baik-baik saja.

"Komunikasi dengan Ummi Rohmi masih baik," katanya.

Sebelumnya Zulkieflimansyah menyatakan bahwa dirinya sudah berdiskusi sangat panjang dengan TGB dan bersepakat bahwa duet Zul-Rohmi Jilid II akan berlanjut di Pilkada NTB.

"Saya dengan TGB sudah berdiskusi sangat panjang dan kami sepakat bahwa Zul-Rohmi Jilid II akan kami lanjutkan di Pilkada NTB," ujarnya.

Bang Zul sapaan Gubernur NTB periode 2028-2023 ini berharap berbagai pertanyaan terkait keberlanjutan paket tersebut di Pilkada NTB 2024 terjawab sudah dengan pertemuan dan pernyataan keduanya.

"Mudah-mudahan berbagai pertanyaan yang masuk dalam beberapa hari ini lebih jelas lagi. Semangat terus," kata Bang Zul.

Diketahui Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada tanggal 9 September 2018. Keduanya ditetapkan oleh KPU NTB setelah menang dalam Pilkada NTB 2018.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU NTB, pasangan Zul-Rohmi meraih 811,945 suara, selanjutnya disusul pasangan calon Moh Suhaili FT-Muhammad Amin atau Suhaili-Amin yang meraih 674,602 suara.

Kemudian pasangan selanjutnya Ahyar Abduh-Mori Hanafi atau Ahyar-Mori dengan 637,048 suara dan diposisi terakhir di duduki pasangan Ali Bin Dahlan-TGH Lalu Gde Sakti Amir Murni atau Ali-Sakti yang meraih 430,007 suara.

Pasangan Zul-Rohmi diusung Partai Demokrat dan PKS. Sedangkan, pasangan calon Moh Suhaili FT - Muhammad Amin atau Suhaili - Amin diusung Partai Golkar, PKB dan Nasdem. Kemudian pasangan Ahyar Abduh - Mori Hanafi atau Ahyar - Mori diusung Partai Gerindra, PPP, PDIP, PAN, Hanura, dan PBB. Sementara pasangan Ali Bin Dahlan - TGH Lalu Gde Sakti Amir Murni atau Ali-Sakti maju melalui jalur perseorangan.
Baca juga: NWDI Lombok Timur dukung Rohmi-Firin di Pilkada NTB 2024
Baca juga: KPU NTB resmi luncurkan tahapan Pilkada 2024

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024