Jakarta (ANTARA) - Berita tentang Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) mengenalkan Benih Padi Super Genjah hingga tanggapan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra terkait teguran angkutan haji, mewarnai pemberitaan bidang ekonomi kemarin (24/5).

Berikut rangkuman berita selengkapnya

1. Kementan kenalkan Benih Padi Super Genjah untuk percepatan tanam padi

Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) mengenalkan Benih Padi Super Genjah untuk ditanam para petani termasuk di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai upaya percepatan tanam padi pada musim tanam 2024.

"Kita akan mengenalkan benih benih padi super genjah dengan umur 75 sampai 80 hari sudah panen, dan ini untuk mempercepat tanam," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementan Suwandi usai kunjungan kerja di Bulak Canden, Kecamatan Jetis, Bantul, Jumat.

Simak berita selengkapnya di sini.

2. Kemenparekraf siap deportasi hingga beri sanksi hukum wisman berulah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pihaknya siap memberikan sanksi tegas berupa deportasi hingga sanksi hukum pada wisatawan mancanegara (wisman) yang berulah di Bali.

"Tapi alau ini terus berlangsung, terus kerap terjadi kita harus berikan sanksi yang tegas dan tindakan lugas sehingga ada efek jera. Deportasi, sanksi hukum kalau ada tindak pidana," ujar Sandiaga saat menghadiri Java Jazz Festival di Jakarta, Jumat.

Simak berita selengkapnya di sini.

3. Kemenperin: Ada perubahan permintaan pasar dari susu bubuk ke cair

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan adanya perubahan permintaan pasar yang pada awalnya didominasi oleh susu bubuk dan kental manis, beralih menjadi susu cair seperti susu ultra high temperature processing (UHT).

“Terjadi perubahan demand di pasar, dari susu bubuk dan susu kental manis, menjadi susu cair seperti UHT dan pasteurisasi dalam beberapa tahun terakhir,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Simak berita selengkapnya di sini.

4. Menteri PUPR mengundang People’s Water Forum untuk berdialog

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengundang People’s Water Forum untuk berdialog dan menyampaikan aspirasi yang tidak tersalurkan akibat pembubaran kegiatan forum tersebut oleh organisasi masyarakat.

“Saya kira, nanti kalau ada aspirasinya, akan saya tanya, akan saya datangin, saya akan mengundang juga,” ujar Basuki dalam konferensi pers setelah menutup perhelatan World Water Forum Ke-10 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat.

Simak berita selengkapnya di sini.

5. Garuda Indonesia berkomitmen wujudkan keselamatan penerbangan haji

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan demi mewujudkan penerbangan yang berkeselamatan, utamanya dalam masa angkutan haji 2024.

Irfan yang dihubungi melalui layanan pesan singkat di Jakarta, Jumat, mengaku siap untuk terus melakukan perbaikan sehingga angkutan haji dapat terlaksana dengan baik dan para calon haji tetap aman, nyaman, dan berkeselamatan selama penerbangan pergi-pulang (PP) Indonesia-Mekah.

Simak berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024