Jakarta (ANTARA) - Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic menunjukkan performa luar biasa dengan mencetak triple-double untuk membawa timnya unggul 2-0 atas Minnesota Timberwolves dalam babak final NBA Wilayah Barat yang digelar di Target Center Minneapolis Minnesota, Sabtu.

Luka Doncic pula yang menjadi penentu kemenangan bagi Dallas Mavericks yang unggul tipis 109-108 atas Timberwolves, berkat tembakan tiga poin Doncic yang mengelabui pemain dengan gelar Defensive Player Of the Year dari Minnesota Rudy Gobert.

Doncic mencari ruang tembak saat waktu terus berjalan, menarik Rudy Gobert untuk terus mengikuti dribble yang dia lakukan, lalu menggiring bola dengan cara crossover, mematikan langkah Gobert, kemudian mundur satu langkah untuk menyelesaikan tembakan tiga angka untuk membawa keunggulan 109-108 dalam sisa 3 detik waktu pertandingan.

Sementara Naz Reid dari Wolves gagal membuat tembakan tiga angka di sisa waktu penghabisan yang membuat Mavericks keluar sebagai pemenang dan unggul 2-0 di final Wilayah Barat. Doncic membukukan triple-double kelimanya di babak playoff untuk memimpin Mavericks meraih kemenangan kedua di final Barat.

"Saya hanya mencoba untuk mencapai posisi saya, dan mundur. Saya yakin dengan tembakan itu," kata Doncic seperti dikutip dari laman resmi NBA.

Baca juga: Mavericks menang atas Timberwolves 108-105 di gim pertama Final Barat

Doncic menyumbang 32 poin, 13 assist, dan 10 rebound untuk triple-double kedelapan dalam 42 pertandingan pascamusim selama kariernya untuk Mavericks. Dallas berhasil bangkit dari ketertinggalan 18 poin yang terjadi di akhir kuarter kedua, dan masih tertinggal 16 poin pada pertengahan kuarter ketiga.

“Seperti yang Anda lihat pada Luka, dia menyukai panggung itu. Dia tidak lari darinya,” kata pelatih Mavericks Jason Kidd. “Saya pikir dia hebat sepanjang pertandingan, menjaga kebersamaan, energinya," katanya lagi.

Kyrie Irving menambahkan 20 poin untuk Mavs, Daniel Gafford 16 angka, Dereck Lively II 14 poin dari bangku cadangan, dan P.J Washington 10 poin.

Naz Reid berhasil memasukkan 7 dari 9 upaya tembakan tripoin untuk menghasilkan 23 angka, skor tertinggi untuk Wolves. Tetapi percobaan terakhirnya pada di akhir waktu pertandingan gagal dan membuat Mavs memenangi laga kedua di final Barat.

Anthony Edwards mencetak 21 poin, Mike Conley Jr 18 poin, Rudy Gobert 16 angka ditambah 10 rebound, dan Karl-Anthony Towns 15 angka.

Gim ketiga antara Wolves dan Mavericks akan digelar di Dallas Texas pada Senin (27/5).

Baca juga: Brown cetak 40 poin bawa Celtics unggul 2-0 atas Pacers
Baca juga: Timberwolves singkirkan juara bertahan NBA 2023, melaju ke Final Barat

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024