ITPLN telah mendapat dukungan luar biasa dari PLN pada tahun mendatang antara lain dua kampus baru 21 lantai, laboratorium terpadu
Jakarta (ANTARA) - Institut Teknologi PLN (ITPLN) menyatakan para lulusan siap untuk berkontribusi dan memajukan sektor energi baru terbarukan (EBT) dan kelistrikan.

ITPLN pada Sabtu hari ini menggelar acara wisuda bagi 170 mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan D3, S1 dan S2. Acara yang dilaksanakan di Auditorium PLN Pusat, Jakarta itu dihadiri oleh para wisudawan, keluarga, dosen serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Rektor ITPLN Prof. Iwa Garniwa mengungkapkan bahwa ITPLN bertransformasi dengan memiliki visi yang jelas dan kuat dengan menjadi perguruan tinggi yang unggul dan penerapan teknologi berwawasan lingkungan dengan visi tersebut guna menyongsong masa depan.

"Wisuda kali ini mengambil tema Accelerating Becoming Word Class University : Creating Expert Leaders For Future Energy. Tema ini menegaskan posisi ITPLN sebagai kampus yang mencetak lulusan yang siap kerja," ucap Iwa melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan ITPLN bukan hanya mencetak sarjana, namun mencetak SDM yang kompeten dan mumpuni agar siap menjadi expert leader di industri global.

"Ini bukan sekedar slogan yang berhenti di tataran wacana, namun kita sungguh-sungguh dalam mewujudkannya." ujar Iwa.

Baca juga: ITPLN menghadirkan program baru persiapkan SDM unggul di bidang energi

"Untuk mendukung gambaran besar ITPLN dalam bertranformasi, ITPLN telah mendapat dukungan luar biasa dari PLN pada tahun mendatang antara lain dua kampus baru 21 lantai, laboratorium terpadu, ITPLN Convention Center, dan asrama mahasiswa dengan kapasitas 1.200 mahasiswa," lanjut dia.

Sementara, Ketua Umum Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YPK PLN) Supriyadi berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PLN dan semua langkah nyata demi kemajuan ITPLN.

"Selamat atas kelulusannya dan ini bukan lah akhir dari cita-cita, ini menjadi momen untuk memulai perjuangan berikutnya dan semoga wisuda ini menjadi bekal untuk mengarungi perjuangan ke depan," kata Supriyadi.

Sedangkan, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2016-2019) Arcandra Tahar juga mengucapkan selamat untuk para wisudawan dan wisudawati telah menamatkan pendidikan di ITPLN.

"Adik-adik setelah tamat jangan takut gagal, yang mengubah peradaban kita adalah para (mahasiswa) drop out yang bisa mengubah peradaban kita (Elon Musk, Steve Jobs, dan lain-lain). Oleh sebab itu, kita boleh gagal sebanyak apapun tetapi kita harus mencari solusinya," ucapnya.

Dengan bertambahnya 170 lulusan baru, ITPLN berharap dapat terus berkontribusi dalam mencetak tenaga ahli yang siap bersaing di dunia kerja dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Selain itu, wisuda kali ini juga menjadi momentum penting dalam perjalanan ITPLN untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas dampak positif bagi masyarakat luas.

Baca juga: ITPLN perpanjang waktu pendaftaran mahasiswa baru tahun 2024/2025

Baca juga: ITPLN bertekad jadi kampus kelas dunia lewat sejumlah transformasi


Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024