Washington (ANTARA) - Anggota Kongres AS Thomas Massie mengatakan dirinya menentang pengiriman bantuan dana lebih banyak ke Ukraina dari pemerintah AS kecuali hal itu bisa menciptakan perdamaian.

"Saya telah mengatakan kepada ketua kita, jika Anda ingin mengirimkan 60 miliar dolar (sekitar Rp958,44 triliun) dengan tujuan untuk mencapai perdamaian, saya mungkin akan menyetujuinya,” kata Massie kepada Sputnik pada Sabtu.

"Namun, saya tidak setuju dengan 60 miliar dolar yang kemudian hanya memerlukan 60 miliar dolar lagi," katanya.

Dia menambahkan bahwa kedua pihak yang bertikai di Ukraina pada akhirnya akan kehabisan personel jika terus bertempur.

"Saya pikir tidak bermoral bagi kedua pihak untuk membinasakan orang dalam perang ini," kata Massie.

Sebelumnya pada Jumat (24/5), Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengumumkan bahwa pemerintahnya sedang menyediakan paket baru bantuan senjata ke Ukraina senilai 275 juta dolar AS (sekitar Rp4,39 triliun).

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada Senin (20/5) mengatakan bahwa AS telah mengirimkan banyak bantuan yang menjadi "prioritas utama" Ukraina dan masih banyak bantuan yang akan diberikan.

Austin mengatakan dirinya mengharapkan kontinuitas bantuan AS ke Ukraina setiap pekan.

Di pihak lain, Rusia terus memperingatkan negara-negara Barat agar tidak terus mengirimkan senjata ke Ukraina karena hanya akan memperpanjang konflik tetapi tidak mengubah situasi di lapangan.

Sumber: Sputnik

Baca juga: Rusia dan China desak AS mendahulukan stabilitas regional
Baca juga: Survei: Separuh warga AS nilai jumlah bantuan ke Ukraina berlebihan


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024