Jakarta (ANTARA) - Pembalap Gresini Racing Federal Oil Marc Marquez menyatakan keberhasilannya meraih podium 2 dalam Sprint Race MotoGP Catalunya 2024 pada Sabtu (25/5) berkat kinerja motor Ducati yang semakin nyaman dikendarai.

Marquez melesat dari posisi 14 ke peringkat dua pada sprint race yang dimenangi Aleix Espargaro dari Aprilia Racing.

Marquez memuji kesiapan mekanik ahli yang membuatnya makin nyaman mengendarai Ducati Desmosedici GP23. Padahal sirip aerodinamika sebelah kiri motornya sempat terlepas akibat bersenggolan dengan pembalap lain selepas start.

“Saya harus mengatakan bahwa sejak latihan pagi kami melakukan penyesuaian penting pada motor dan saya merasa makin nyaman. Tetap saja, saya tidak menduga bisa meraih podium lagi," kata Marc Marquez dalam siaran resmi Federal Oil pada Minggu.

Berkat raih podium 2 Sprint Race di sirkuit Barcelona ini, posisi Marc Marquez di klasemen sementara MotoGP 2024 naik ke posisi kedua tepat di bawah Jorge Martin terpaut 37 poin.

"Saya tahu saya memiliki kecepatan yang bagus di Prancis, di sini saya berada di posisi yang tepat dan memanfaatkan peluang sebaik-baiknya. Ini adalah balapan yang hebat, tetapi suhu besok akan lebih tinggi dan mesin Ducati akan kesulitan dalam kondisi tersebut. Kami akan mencobanya," kata dia.

Baca juga: Aleix Espargaro juarai sprint GP Catalunya setelah Bagnaia terjatuh

Adapun Alex Marquez yang start dari posisi 13 tidak bisa memanfaatkan performa Ducati Desmosedici GP23. Adik Marc Marquez itu sempat terempas ke posisi akhir dan secara bertahap sepanjang 12 lap berhasil finis posisi 14.

“Sayangnya balapan saya langsung berakhir setelah terjadi tabrakan di tikungan empat, beberapa saat setelah start. Saya menemukan diri saya di belakang rombongan dan dari sana saya mencoba menemukan kecepatan saya," kata Alex.

"Sayang sekali, karena ada potensi untuk mencetak beberapa poin. Ini akan menjadi cerita yang berbeda pada balapan hari Minggu," kata dia.


Baca juga: Bagnaia sebut "ini memalukan" saat ia terjatuh di Sprint GP Catalunya

Berikut hasil sprint race GP Catalunya sebagaimana dilansir dari raman resmi MotoGP:

1. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)
2. Marc Marquez (Gresini Racing)
3. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech 3)
4. Jorge Martin (Prima Pramac Racing)
5. Enea Bastianini (Ducati Lenovo)
6. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing)
7. Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing)
8. Maverick Vinales (Aprilia Racing)
9. Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing)
10. Fabio Quartararo (Monter Energy Yamaha)
11. Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing)
12. Alex Rins (Monter Energy Yamaha)
13. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
14. Alex Marquez (Gresini Racing)
15. Joan Mir (Repsol Honda)
16. Luca Marini (Repsol Marini)
17. Augusto Fernandez (Red Bull GASGAS Tech 3)
18. Stefan Bradl (HRC Test).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024