Samarinda (ANTARA) -
Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman mengapresiasi pengolahan air dari kolam bekas lubang tambang batu bara, yakni melalui proses desalinasi oleh peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke- 44/2024 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
 
"Terima kasih kepada para peserta Latsitarda yang berhasil mengaplikasikan ilmu pengetahuan dengan membangun tempat pengolahan air bekas tambang ini menjadi bermanfaat bagi warga," ujar Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dalam rilis Korem 091/ASN di Samarinda, Minggu.
 
Proyek desalinasi berupa pengolahan air sampai bisa dikonsumsi ini berada di Kilometer 14,Gang Heram, RT 03, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim.
 
Pangdam VI/Mulawarman menyampaikan apresiasi kepada peserta Latsitarda karena telah memberikan sesuatu yang sangat dibutuhkan rakyat, sehingga inovasi berupa pengolahan air dari air bekas tambang ini bisa bermanfaat, sehingga latihan ini juga terbukti sebagai bentuk pengabdian untuk masyarakat.
   
Ketika mengunjungi lokasi proyek peserta Latsitarda Nusantara tersebut, Pangdam VI/Mulawarman mendapat penjelasan dari salah seorang dosen Universitas Pertahanan (Unhan), tentang air di kolam bekas galian tambang yang kini bisa dikonsumsi.
 
Dian, dosen Unhan menjelaskan kepada Pangdam dan rombongan tentang proses desalinasi air bekas tambang agar bisa digunakan oleh masyarakat, yakni awalnya air itu memiliki kandungan "potential of hidrogen" atau "power of hydrogen" (ph) 2, namun setelah diproses kini menjadi ph 7,2 sehingga sudah layak memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.
 
"Selama ini atau sebelum peserta Latsitarda Nusantara melakukan desalinasi, air tersebut tidak bisa digunakan oleh masyarakat sekitar karena tidak memenuhi standar air bersih, namun sekarang dengan ph 7,2 maka air ini sudah layak untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari hari masyarakat," ujar Dian.
 
Setelah melakukan peninjauan, Pangdam VI/Mulawarman kemudian memberikan tali asih kepada peserta Latsitarda Nusantara XLIV yang telah selesai mengerjakan proyek desalinasi air, karena manfaat air tersebut luar biasa bagi warga setempat.
 
Adapun rombongan yang menyertai kunjungan Pangdam antara lain Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Bayu Permana, Kasrem 091/ASN Kolonel Infanteri Priyanto Eko Widodo, Dosen Unhan Kolonel Arm Ferdinan Hasibuan, dan sejumlah perwira dari Kodim 0906/Kukar.

 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024