"Hal itu, menginspirasi masyarakat menjalani seluruh proses Pilbup 2024 dengan pengetahuan, kecerdasan, dan kebijakan agar terpilih bupati dan wakil bupati terbaik,"
Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meluncurkan simbol ganesha sebagai maskot Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Batang Susanto Waluyo di Batang, Minggu, mengatakan bahwa KPU Jateng memberikan kebebasan KPU daerah dalam menentukan maskot dengan menyesuaikan kearifan lokal setempat.

"Oleh karena itu, kami memilih ganesha sebagai maskot kebanggaan masyarakat agar menginspirasi warga menjadi pemilih cerdas," katanya.

Demikian juga, KPU Batang juga menetapkan tagline dengan mengusung "teteg" (tekad kuat) melaksanakan pilbup, "jejeg" (tegak) pada aturan penyelenggaraan pemilu, dan "mantep" (yakin) pemilihan bupati berjalan lancar.

Ia yang didampingi Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Khikmatun mengatakan simbol ganesha memiliki filosofi sebagai Dewa Kecerdasan.

"Hal itu, menginspirasi masyarakat menjalani seluruh proses Pilbup 2024 dengan pengetahuan, kecerdasan, dan kebijakan agar terpilih bupati dan wakil bupati terbaik," katanya.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan dari seluruh prosesi peluncuran tersebut merupakan upaya untuk mengajak warga berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Tujuannya, adalah agar seluruh prosesnya berjalan lancar tidak ada halangan apapun," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024