Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar daerah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara(Sulut) berpotensi cuaca ekstrem.

"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas di tengah cuaca ekstrem," ajak Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Minggu.

BMKG, kata dia mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 29 Mei 2024.

Kabupaten dan kota di Sulut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin  kencang.

"Waspadai potensi bahaya tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana," ajaknya.

Ben menjelaskan, di tanggal 27 Mei 2024, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Berikutnya, masih di tanggal yang sama diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Di tanggal 28 Mei 2023 diprediksi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Sedangkan di tanggal 29 Mei 2024 berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Baca juga: BMKG prediksi sebagian besar wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem
Baca juga: Sebagian besar wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem
Baca juga: BMKG imbau warga pakai masker waspadai abu vulkanik Gunung Ruang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024