Cardiff City Football Club dengan bangga mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solksjaer telah bergabung..."
Cardiff (ANTARA News/Reuters) - Mantan penyerang Manchester United (MU) Ole Gunnar Solksjaer ditunjuk menjadi pelatih tim papan bawah Liga Utama Inggris, Cardiff City.

Pria Norwegia berusia 40 tahun itu, yang mendapat tempat pada sejarah United berkat gol kemenangan yang dicetaknya pada final Liga Champions 1999 melawan Bayern Munich, menggantikan Malky Mackay yang dipecat pekan lalu.

"Cardiff City Football Club dengan bangga mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solksjaer telah bergabung sebagai pelatih tim pertama," demikian pengumuman klub itu.

Pelatih sementara David Kerslake telah mengasuh tim sejak kepergian Mackay, dan klun itu berada di peringkat ke-17 di klasemen, unggul satu angka atas zona degradasi, setelah kalah 0-2 di kandang Arsenal pada Tahun Baru.

Solksjaer melatih klub Norwegia Molde selama tiga tahun, memimpin mereka meraih gelar liga pertamanya dalam sejarah 100 tahun klub itu pada 2011, dan mempertahankan mahkota tersebut setahun kemudian.

Mereka juga menjuarai Piala Norwegia pada 2012.

Tugas yang dihadapi Solksjaer saat ini terfokus untuk bertahan di Liga Utama Inggris daripada meraih gelar-gelar, ketika Cardiff berupaya mempertahankan status mereka sebagai peserta kompetisi strata tertinggi di Inggris, yang dicapai pada musim lalu di bawah arahan Mackay setelah absen selama 51 tahun.

Mackay dipecat setelah berseteru dengan pemilik klub yang berasal dari Malaysia, Vincent Tan, dan ia tetap didepak meski sebagian penggemar mengklaim bahwa dirinya merupakan pelatih terbaik yang pernah dimiliki klub itu.

Solksjaer, yang duduk di sebelah Tan di markas Arsenal saat dikenalkan Rabu kemarin, akan mulai menangani tim di pertandingan putaran ketiga Piala FA di markas Newcastle United.
(Uu.H-RF)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014