Jakarta (ANTARA) - Pembalap Pertamina Enduro VR46 Fabio Di Giannantonio semakin percaya diri mengejar podium pertamanya pada kejuaraan dunia MotoGP musim 2024.

Pembalap yang akrab disapa Diggia itu finis posisi kelima pada balapan utama Grand Prix Catalunya di Barcelona, Spanyol, Minggu (26/5).

“Saya sangat senang, kami melakukannya dengan sangat baik dan podium semakin dekat,” kata Diggia dalam keterangan resmi VR46, Senin.

Diggia memulai balapan dari posisi keenam di grid dan P11 setelah start. Setelah menyelamatkan kembali posisinya di 10 besar, pembalap Italia itu mencoba mempertahankan konsistensinya agar tidak tertinggal lebih jauh, serta mencari celah agar bisa finis  lima besar.

Baca juga: Pecco Bagnaia sebut kemenangan di Catalunya "sangat penting"

“Sayang sekali dalam dua lap pertama, saya kesulitan mendapatkan ritme dan kehilangan banyak posisi. Saya tetap tenang, saya berkata dalam hati untuk berusaha berkendara dengan bersih dan mengatur penggunaan ban,” kata Diggia.

Posisi kelima merupakan pencapaian terbaik Diggia musim ini bersama motor Ducati Desmosedici GP.

“Kami masih memiliki banyak aspek untuk dikerjakan, tapi saya senang bisa mencapai posisi ini,” ujar dia.

Rekan satu timnya, Marco Bezzecchi, finis  posisi ke-11 pada GP Catalunya kali ini.

“Ini bukan balapan yang mudah, saya mengalami masalah pengereman yang sama seperti akhir pekan lalu. Saya merasakan perasaan aneh saat memasuki tikungan,” ungkap Bezzecchi.

Baca juga: Klasemen MotoGP: Bagnaia geser Marc Marquez untuk posisi kedua

Meski demikian, ia tidak ingin menyerah dan menantikan balapan kandang Grand Prix Italia di Sirkuit Mugello, akhir pekan mendatang.

“Kami tidak menyerah, mari terus bekerja sama dengan seluruh tim untuk mencari solusi,” kata Bezzecchi.

Manajer Tim Pertamina Enduro VR46 Pablo Nieto tetap yakin dengan potensi kedua pembalapnya untuk menghadapi rangkaian balapan MotoGP musim ini, termasuk di Italia, pekan depan.

“Kami perlu mengatur ulang, menganalisis data sebaik mungkin, dan kembali kompetitif di Mugello, balapan kandang pertama kami musim ini,” ujar Nieto.

Baca juga: Bagnaia keluar sebagai juara GP Catalunya setelah taklukkan Martin

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024