Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Konstelasi internet berkecepatan tinggi Starlink dari SpaceX kini telah menghubungkan lebih dari tiga juta orang dengan internet berkecepatan tinggi di hampir 100 negara, wilayah, dan berbagai pasar lain.

Konstelasi satelit orbit rendah (Low Earth orbit/LEO) menawarkan layanan jaringan real-time untuk berbagai warga yang tinggal di lingkungan ekstrem dan wilayah-wilayah dengan infrastruktur yang masih belum berkembang. Setelah satelit LEO semakin banyak digunakan di seluruh dunia, perusahaan penerbangan luar angkasa komersial kini menjadi pemain utama di sektor ini.

Di Tiongkok, Geespace, perusahaan penerbangan luar angkasa komersial dalam naungan Geely, tengah mengembangkan dan mengoperasikan Geely Future Mobility Constellation. Konstelasi tersebut juga telah menggunakan dua pesawat orbital. Pesawat ketiga pun segera diluncurkan pada semester kedua tahun ini untuk mengawali layanan aplikasi global Geespace. Di sisi lain, pesawat keempat Geespace akan mengangkut sarana komunikasi satelit direct-to-cell untuk melayani banyak ponsel yang telah tersedia saat ini. Geespace akan merampungkan fase pertama dari konstelasi tersebut dengan 72 satelit dalam dua tahun. Maka, konstelasi ini akan menyediakan layanan komunikasi data real-time berskala global.

Iridium berhasil meraup pendapatan total $203,9 juta dan laba bersih $19,7 juta pada Triwulan-I 2024. Dalam perkembangannya, Iridium berhadapan dengan dua tantangan besar di industri satelit LEO: memangkas biaya konstruksi dan menemukan model bisnis yang sukses.

Geespace menjawab tantangan tersebut lewat tiga langkah:

1.  Memproduksi Satelit: Geespace mengandalkan teknologi perakitan otomatis dan model manajemen produksi massal Geely untuk mengembangkan lini produksi satelit yang pintar dan fleksibel. Langkah ini mempersingkat proses perakitan satelit, siklus integrasi dan pengetesan (AIT), serta menghemat biaya produksi hingga 45% dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 500 satelit.

2.  Aplikasi Satelit: Geespace mencapai aplikasi berskala besar pada segmen komunikasi satelit dan high-precision positioning berbasiskan satelit pada 2023. Beberapa model mobil buatan Geely, termasuk Zeekr dan Geely Galaxy, kini dilengkapi fitur-fitur komunikasi satelit dua arah Geespace.

3.  Model Bisnis: Layanan komersial berskala global kini marak menjadi tren bagi kalangan perusahaan seperti SpaceX, Iridium, dan Geespace.

Di Asia Tenggara, Geespace menjalin kerja sama dengan operator telekomunikasi Malaysia Altel untuk mempercepat pengembangan solusi smart port dan smart agriculture. Di Timur Tengah, Geespace berkolaborasi dengan perusahaan komunikasi satelit Oman, Azyan Telecom, untuk mempromosikan layanan Geely Future Mobility Constellation, termasuk direct-to-cell, untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Mengikuti kesuksesan sejumlah perusahaan seperti Iridium dan SpaceX, ekspansi global Geespace tak hanya bersifat strategis, namun juga memiliki nilai komersial yang signifikan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024