Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan akan memamerkan fitur baru untuk sistem operasi iOS 18 pada konferensi pengembang WWDC 2024 pada bulan depan, di antaranya emoji yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) dan kustomisasi aplikasi.

Menurut bocoran yang disampaikan Analis Bloomberg Mark Gurman, dikutip dari Engadget pada Senin, Apple tengah mengembangkan perangkat lunak yang dapat membuat emoji berdasarkan petunjuk yang ditulis oleh pengguna.

Selain itu, Apple juga memungkinkan pengguna iPhone untuk melakukan kustomisasi pada aplikasi dan layar beranda (homescreen) misalnya mengubah warna ikon aplikasi dan pengaturan lainnya secara lebih leluasa.

Baca juga: Apple diramalkan rombak ulang desain aplikasi untuk iOS 18

Baca juga: Apple lakukan pembicaraan dengan OpenAI-Google terkait AI di iOS 18


Ada banyak hal yang berkaitan dengan rencana AI Apple diperbincangkan menjelang penyelenggaraan WWDC 2024 yang dimulai pada 10 Juni 2024 mendatang.

Gurman memperkirakan Apple tidak memperkenalkan terobosan besar mengenai AI dalam ajang WWDC 2024, tetapi akan lebih berfokus pada penerapan praktis dari teknologi tersebut.

Apple, menurut Gurman, diprediksi akan mengumumkan kemitraan dengan OpenAI dan akan memperkenalkan implementasi teknologi AI pada fitur-fitur perangkatnya seperti mesin pencarian Safari, asisten virtual Siri, penyuntingan foto, dan transkripsi memo dengan suara.

Perusahaan teknologi tersebut juga mungkin akan memperkenalkan ringkasan pintar untuk notifikasi, halaman web, dan lainnya.

Diketahui, Apple akan menggaet pencipta ChatGPT yakni OpenAI untuk mengembangkan fitur AI di sistem operasi iOS 18.

Apple saat ini juga tengah mengembangkan model bahasa besar mereka sendiri untuk membekali fitur-fitur di iOS 18. Sementara pembicaraan dengan OpenAI berfokus pada teknologi chatbot atau komponen mesin pencarian.

Selain OpenAI, Apple juga tengah dalam tahap pembicaraan dengan Google mengenai pembelian lisensi Gemini, chatbot AI yang dikembangkannya, untuk disematkan pada iOS 18.

Baca juga: Apple bakal ubah "Apple ID" jadi "Apple Account" mulai iOS 18

Baca juga: Neural Engine iPhone 16 dipadukan dengan fitur AI generatif iOS 18

Baca juga: Apple tunda sementara pengembangan iOS 18 dan macOS 15 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024