Tokyo (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Gan Kim Yong di Tokyo mengatakan bahwa partisipasi aktif China dalam urusan regional dan global bermanfaat bagi dunia sehingga "mengisolasi atau mengucilkan China tidak baik bagi pihak manapun."

Gan, dalam pidato utamanya di forum Future of Asia ke-29 pada Jumat (24/5), mengatakan bahwa China merupakan mitra dagang terbesar bagi sebagian besar negara di Asia, dan keterlibatan China diperlukan untuk mengatasi secara efektif berbagai tantangan global seperti perubahan iklim.

Mengusung tema "Kepemimpinan Asia dalam Dunia yang Tidak Menentu" (Asian Leadership in an Uncertain World), forum yang berlangsung selama dua hari ini diikuti para pemimpin politik, ekonomi, dan akademisi dari kawasan Asia-Pasifik untuk mendiskusikan berbagai isu regional dan peran Asia di dunia.

Gan menekankan pengaruh besar ekonomi China dan menyatakan optimisme tentang prospek ekonomi jangka panjang negara itu.

"China menjadi bagian besar dari kisah pertumbuhan Asia," kata Gan, seraya menyatakan bahwa selama dua dekade terakhir, pertumbuhan ekonomi China berhasil menciptakan berbagai peluang baru bagi Asia dan dunia.

Lebih lanjut dikatakan Gan, China akan terus menjadi produsen utama dan berdaya saing tinggi bagi dunia di masa depan.

Singapura telah bekerja sama erat dengan China, dan Kawasan Industri Suzhou (Suzhou Industrial Park/SIP) yang didirikan bersama oleh kedua negara menjadi proyek percontohan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan industrialisasi.

Ke depannya, Singapura akan terus memperdalam kerja samanya dengan China, khususnya dalam dua bidang utama yakni digitalisasi dan pembangunan berkelanjutan, kata Gan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024