Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyatakan siap untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2024, baik dari sisi koordinasi, anggaran, maupun masalah pengamanan.

"Jadi, kami dari Pemprov Jawa Tengah sudah melakukan langkah-langkah dalam hal ini koordinasi terus kami lakukan dengan penyelenggara pemilu, dalam hal ini dari KPU, KPUD, kemudian Bawaslu juga dengan TNI maupun Polri dan instansi terkait. Jadi, Jawa Tengah sudah siap untuk pelaksanaan Pilkada 2024," kata Penjabat (Pj.) Gubernur Jateng Nana Sudjana memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Nana Sudjana mengatakan hal it usai menghadiri Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia.

Terkait dengan masalah anggaran, Nana mengaku Pemprov Jateng sudah siap untuk membiayai pelaksanaan pilkada di Jateng.

"Beberapa bantuan yang sudah kami lakukan, pertama adalah terkait dengan masalah anggaran. Anggaran sudah kami selesaikan, artinya sudah lama kami selesaikan dalam rangka pembiayaan pelaksanaan pilkada dalam hal ini pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati dan wali kota," ucap dia.

Selanjutnya, kata dia, perihal pengamanan pun, Pemprov Jateng juga sudah berkoordinasi dengan TNI/Polri. Selain itu, fasilitas untuk penyelenggara pemilu pun juga sudah disiapkan.

"Fasilitas baik itu untuk penyelenggara pemilu itu pun sudah kami lakukan, sama halnya dengan bantuan-bantuan dari pemprov kepada TNI/Polri dalam hal pengamanan pelaksanaan pilkada," ujar Nana.

Untuk itu, dia menyatakan bahwa Pemprov Jateng sudah siap dalam penyelenggaraan pilkada nanti mulai dari tahap pendaftaran hingga pelantikan.

"Jadi, pada dasarnya kami sudah melaksanakan rapat koordinasi, kemudian kami sudah membantu fasilitas, lalu juga anggaran dan Jawa Tengah secara terpadu kami akan selalu kompak dan kami siap untuk melaksanakan penyelenggaraan mulai dari tahapan-tahapan awal hingga pelantikan," kata Nana.

Sampai saat ini, kata dia, terdapat enam calon Gubernur Jateng berdasarkan hasil survei. Namun, politik itu dinamis sehingga bisa saja nanti muncul nama-nama lain yang masuk bursa calon Gubernur Jateng.

"Sudah banyak (calon Gubernur Jateng), sudah ada kalau tidak salah enam calon di Jawa Tengah ini yang sudah ada baik polling juga melalui survei. Namun, kembali bahwa politik itu dinamis dan masih ada waktu dan masih ada kemungkinan yang belum muncul," ujar Nana.

KPU menjadwalkan pemungutan suara untuk Pilkada 2024 pada tanggal 27 November 2024.

Baca juga: PKB: Ada komunikasi dengan Anies soal Pilkada Jakarta 2024
Baca juga: PDIP resmi usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta pada 16 Mei, benarkah?

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024