Pontianak (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Harisson meminta Bubuhan Banjar atau keturunan suku Banjar dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan serta bisa ikut menjaga kondusivitas menjelang pelaksanaan Pemilukada.

"Beberapa poin yang dapat menjadi perhatian kita bersama, yang Pertama, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya Kerukunan Bubuhan Banjar di Kalbar, untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, terlebih saat ini menjelang pelaksanaan Pemilukada," kata Harisson di Pontianak, Senin.

Baca juga: KBB sediakan lahan kuburan bagi Bubuhan Banjar Kalsel di Jabodetabek

Dirinya berharap Bubuhan Banjar juga turut menyukseskan pesta demokrasi khususnya dalam menyambut pemilihan kepala daerah beberapa waktu mendatang.

"Mari jaga persatuan, Hindarilah perpecahan dan provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan kita, juga turut berpartisipasi bersama sama mendukung pembangunan di Kalimantan Barat, demi mewujudkan daerah yang sejahtera, aman dan kondusif. Yang Kedua, marilah kita jadikan momentum Halal Bihalal ini untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan sosial dengan membantu antar sesama masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan kita," tuturnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel dinobatkan Ketua Kerukunan Warga Banjar se-dunia

Harisson mengapresiasi akan kekompakan Bubuhan Banjar yang berkumpul pada kegiatan Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar Sa-dunia dan Pelantikan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar Provinsi Kalbar tersebut.

Menurutnya, kerukunan Bubuhan Banjar merupakan organisasi yang mewadahi masyarakat suku Banjar di Kalimantan Barat. Organisasi ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya Banjar, serta mempererat tali persaudaraan antar sesama orang Banjar, mempererat silaturahmi antar warga Banjar, dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banjar di Kalbar.

Baca juga: Ariyo Wahab dan Bima jadi orang Banjar di "Jendela Seribu Sungai"

Harisson selaku Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, juga mengapresiasi atas kehadiran sosok Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Presiden Bubuhan Banjar sa-Dunia.

"Saya atas nama Pemprov Kalbar mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Kalsel. Semoga kehadiran Bapak di Bumi Khatulistiwa menjadi perlambang eratnya jalinan kekerabatan dan kerja sama antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat," katanya.

Baca juga: Suku Banjar laksanakan tradisi "Batumbang Apam" rayakan Lebaran
Baca juga: Tradisi Aruh Mulud Suku Banjar di Sergai peringati Maulid Nabi

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024