Kubu Raya (ANTARA) -
Excecutive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio mengatakan pada hari ini terdapat 330 calon haji yang telah diberangkatkan pada dua penerbangan tujuan Batam.
 
"Hari ini ada tiga penerbangan menggunakan Sriwijaya Air dengan tujuan Batam, sudah dua penerbangan dengan jumlah penumpang sebanyak 330 orang, tinggal nanti sore pukul 15.00 untuk penerbangan terakhir hari ini," ujar EGM Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio, Muhammad Iwan Sutisna di Sungai Raya, Senin.
 
Ia pun mengatakan tiga penerbangan tersebut merupakan penerbangan yang memang dikhususkan untuk mengangkut penumpang yang hendak pergi haji melalui embarkasi Batam.
 
"Penerbangan ini memang dikhususkan atau diperuntukkan untuk mengangkut penumpang haji," kata Iwan.

Baca juga: Kemenag: Calon haji tetap harus divaksin COVID-19

Baca juga: Jamaah haji asal Kalbar tiba di Asrama Haji Batam
 
Dia menambahkan, pihak Bandara Supadio mendukung penuh agenda pemerintah dalam memberangkatkan jamaah haji ini dengan melakukan koordinasi dengan stakeholder.
 
"Terkait persiapan haji, Bandara Supadio mendukung hal ini. Kami berkoordinasi dengan stakeholder, secara teknis di lapangan," ujarnya.
 
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) di Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat mengatakan kuota jamaah haji Provinsi Kalimantan Barat pada 2024 mengalami penambahan sebanyak 92 orang, sehingga pada musim haji tahun ini, jamaah yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 2.611 orang.
 
Dari jumlah tersebut, sebanyak 24 orang calon haji melakukan mutasi keluar dan 6 orang masuk, sehingga jumlah jamaah haji reguler Kalbar yang siap berangkat sebanyak 2.593 orang.*

Baca juga: Jamaah Haji Kalbar bergerak ke Masjid Nabawi di Madinah

Baca juga: Jamaah haji Kalbar meninggal di Tanah Suci kembali bertambah

Pewarta: Rizki Fadriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024