Madinah (ANTARA) - Kementerian Agama mengimbau jamaah calon haji Indonesia agar selalu menghormati budaya setempat, baik dalam bermu’amalah atau pergaulan maupun dalam tata berpakaian ketika di Arab Saudi.

"Dalam tata berpakaian, jamaah dilarang menggunakan pakaian yang membuka aurat atau yang melanggar kesopanan saat di dalam hotel seperti memakai daster atau celana pendek," kata Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda dalam keterangan yang diterima di Madinah, Senin.

Jamaah Indonesia akan berada di Tanah Suci kurang lebih 41 hari. Selama tinggal di Tanah Suci, mereka harus menaati segala bentuk aturan dan budaya yang berlaku.

Baca juga: Jamaah diberi penguatan soal haji setibanya di Makkah

Widi mencontohkan bersendawa bagi sebagian orang merupakan hal yang wajar, tetapi berbeda halnya ketika berada di Arab Saudi.

"Hal penting lainnya adalah jangan bersendawa di sembarang tempat, sebab dalam budaya Arab Saudi, bersendawa adalah sesuatu yang jorok," kata Widi.

Ketentuan lain yang perlu mendapat atensi jamaah Indonesia adalah mematuhi ketentuan atau larangan selama tinggal di hotel.

Larangan tersebut di antaranya jamaah tidak boleh memasak di dalam kamar dan tidak merokok di dalam hotel, dan menjemur pakaian di sembarang tempat.

Baca juga: Suhu panas, jamaah diminta tak banyak beraktivitas di luar ruangan

"Jangan membuat jemuran di kamar dengan cara mengaitkan tali jemuran pada pemadam api (fire sprinkler) di kamar. Bila perangkat fire sprinkler tersebut terlepas, maka akan memicu air keluar dan membasahi kamar," kata dia.

Selanjutnya, jamaah agar bijak dalam penggunaan air di hotel dengan menggunakan air secukupnya dan mematikan keran air dengan rapat setelah tidak digunakan.

Ketentuan dan larangan lainnya yang harus dipatuhi jamaah, kata dia, tidak membuang puntung rokok sembarang.

Baca juga: Jamaah diimbau pakai jasa dorong kursi roda resmi saat tawaf dan sai

"Sisa bara di puntung rokok bisa memicu risiko besar yaitu kebakaran," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024