Baznas menargetkan sebesar Rp10 miliar untuk bantuan bencana alam di Sumatera Barat
Jakarta (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menerima penyaluran infak kemanusiaan untuk masyarakat terdampak banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Sumatera Barat dari Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani sebesar Rp500 juta.
 
Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Muzani kepada Wakil Ketua Baznas Mokhamad Mahdum di Gedung Baznas RI Jakarta, Senin.
 
Dalam sambutannya Mahdum mengungkapkan, Baznas menargetkan sebesar Rp10 miliar untuk bantuan bencana alam di Sumatera Barat.
 
"Setelah datang ke lokasi dan meninjau langsung wilayah terdampak bencana, ternyata terdapat infrastruktur yang paling mendesak untuk segera diperbaiki, di antaranya jembatan penghubung antardaerah, rumah-rumah warga, serta beberapa sekolah," katanya.
 
Pada bencana alam yang melanda Sumatera Barat, lanjutnya, Baznas telah mengerahkan beberapa armada mobil dapur umum, mobil kesehatan keliling, dan mobil rescue untuk  membantu masyarakat terdampak bencana alam di daerah itu.
 
"Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Ahmad Muzani yang terus mempercayai Baznas dalam menyalurkan infaknya untuk korban terdampak banjir dan tanah longsor di wilayah Sumatera Barat. Semoga akan banyak pihak yang ikut serta bersama Baznas dalam memulihkan kondisi di wilayah terdampak bencana alam Sumatera Barat," katanya.
 
Mahdum juga berharap, Muzani dapat menjadi inspirasi untuk menumbuhkan sebuah kepedulian ketika terjadi bencana alam sekaligus memotivasi yang lain untuk turut bergerak membantu para korban di Sumatera Barat.
 
Pada kesempatan yang sama, Muzani menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan keluarga yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor yang melanda di wilayah Sumatera Barat.
 
"Indonesia merupakan negara yang sangat akrab dengan bencana, namun Indonesia memiliki masyarakat yang sangat luar biasa dalam bergotong-royong membantu sesama. Musibah di Sumatera Barat adalah musibah kita semua, derita mereka merupakan derita kita, dan sakit mereka juga sakit kita semua. Itulah persaudaraan kita antar bangsa Indonesia dan sesama umat manusia," katanya.
 
Ia mengungkapkan, banyaknya korban jiwa serta banyaknya rumah warga, sekolah, dan fasilitas umum yang hancur mendorongnya turut membantu masyarakat Sumatera Barat yang terdampak dalam bencana alam tersebut.
 
"Dalam memberikan bantuan ini, saya melelang sapi milik saya seberat 1.165 kg. Dan Alhamdulilah telah berhasil dilelang di angka Rp500 juta. Hasil lelang secara online tersebut langsung kami serahkan kepada Baznas," katanya.
 
Muzani berharap bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana alam di Sumatera Barat bisa digunakan semaksimal mungkin, khususnya dalam membangun kembali beberapa infrastruktur yang hancur akibat bencana alam tersebut.
 
"Kami sangat mempercayai Baznas dalam menyalurkan bantuan ini, hal tersebut tidak terlepas dari tingginya jam terbang Baznas dan perangkatnya yang cukup untuk menyalurkan bantuan ini dengan baik," katanya.
 
Adapun pemenang lelang sapi, Kamir turut menyerahkan sapinya kepada Baznas yang nantinya akan diolah dalam bentuk kaleng untuk selanjutnya didistribusikan kepada para korban banjir bandang Sumbar.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024