Jakarta (ANTARA News) - Serie A kembali bergulir setelah jeda libur Natal dengan Juventus yang tengah memuncaki klasemen berusaha mencatat kemenangan kesepuluh berturut-turut saat menjamu penantangnya AS Roma yang belum terkalahkan hari Minggu lusa.

Playmaker Juventus Andrea Pirlo yang absen sebulan karena cedera akan kembali berlaga untuk tim asuhan Antonio Conte yang sudah mengemas 46 poin hasil dari 17 kali bertanding ini.  Satu kemenangan lagi lusa akan membuat mereka kukuh di jalur juara musim ini.

Tapi Juve menghadapi tantangan untuk mempertahankan gelandang mereka --Arturo Vidal dan Paul Pogba-- dalam jendela transfer bulan ini.

Juventus dan Roma sejauh ini masih yang terbaik di Serie A dengan hanya kecolongan 18 gol, sedangkan Juventus telah memenangi 15 dari 17 laganya musim ini dan terus melanjutkan dominasinya seperti yang dinikmatinya dalam dua musim terakhir.

Sementara itu pelatih berkebangsaan Prancis Rudi Garcia telah mengubah Roma sebagai tim tangguh musim ini.

Roma terpaut lima poin di bawah Juventus, terutama karena lima hasil seri dan absennya Francesco Totti.

"Garcia telah memberi kami kepercayaan diri yang tidak kami miliki di musim lalu," kata bek asal Brazil Leandro Castan kepada Sky Sports Italia.

Tujuh laga akan dimainkan Senin pekan depan, termasuk Lazio yang akan bertandang ke kandang Inter Milan.

Media Italia melaporkan bahwa Lazio ingin memecat Vladimir Petkovic yang telah setuju untuk melatih timnas Swiss musim depan, sedangkan pendahulunya Edoardo Reja memimpin latihan pekan ini.

Namun Petkovic yang masih memiliki masa kontrak sampai akhir musim ini mengaku masih mempertimbangkan untuk tetap menangani Lazio.

Napoli yang berperingkat tiga dengan 36 poin akan menjamu Sampdoria, sedangkan AC Milan menghadapi tantangan tamunya Atalanta, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014