Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan PT TASPEN (Persero), TASPEN Life, mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 13,61 persen atau sebesar Rp7,5 triliun pada 2023.

Peningkatan itu berada di atas total pertumbuhan aset industri asuransi jiwa di Indonesia yang sebesar 0,7 persen, berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

“Pencapaian TASPEN Life ini membuktikan bahwa TASPEN menjamin keamanan dana peserta yang ditempatkan di TASPEN Life sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan yang baik,” kata Corporate Secretary TASPEN Yoka Krisma Wijaya di Jakarta, Selasa.

Sepanjang 2023, TASPEN Life mencatatkan laba positif sebesar Rp90,24 miliar dengan tingkat Return on Equity (ROE) perusahaan mencapai sekitar 13 persen.

Risk Based Capital (RBC) perusahaan tercatat mencapai sekitar 290 persen. Angka ini terus terjaga di atas batas minimum yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sebesar 120 persen.

Total klaim bruto yang telah dibayarkan TASPEN Life sepanjang 2023 mencapai Rp656,78 miliar. Menurut Yoka, perusahaan telah memberikan perlindungan kepada lebih dari 1,1 juta peserta di seluruh Indonesia.

Pada 2023, TASPEN Life juga telah melakukan transformasi bisnis dengan mendirikan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dan telah mengantongi izin pendirian dari OJK. Seluruh upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan TASPEN Group dan meningkatkan kepercayaan peserta dan masyarakat.

Baca juga: Taspen Life hadirkan DPLK tingkatkan kesejahteraan masa pensiun rakyat

TASPEN sebagai perusahaan induk senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi lebih terhadap negara. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar setiap perusahaan milik negara (BUMN) dapat berkontribusi terhadap pendapatan negara melalui langkah transformasi bisnis.

TASPEN Group yang terdiri atas TASPEN, Taspen Life, Taspen Properti Indonesia dan Bank Mandiri Taspen, berkomitmen untuk terus mencatatkan kinerja bisnis yang baik dengan mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG). TASPEN telah melakukan berbagai pengembangan usaha dan inovasi program untuk meningkatkan kesejahteraan peserta dan masyarakat.

“Ke depan, TASPEN Group akan terus meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan strategi penempatan investasi yang aman dan berkelanjutan,” ujar Yoka.

Baca juga: Taspen Life luncurkan Taspen Smart Health dukung layanan kesehatan

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024