...ada kabar bahwa salah satu ABK hilang dalam peristiwa itu
Gresik (ANTARA News) - Sebuah Kapal Motor (KM) Dewaruci Jaya bermuatan pupuk bertabrakan dengan kapal lain saat berangkat dari Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, Sabtu.

Kepala Seksi Kepelabuhanan Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik, Nanang Afandi mengatakan, kapal itu sebelumnya melakukan aktivitas pemuatan barang di Pelabuhan Gresik, dan mulai meninggalkan pelabuhan pada Sabtu dini hari.

"Saat meninggalkan pelabuhan, saya dapat info kapal itu bertabrakan dengan kapal lain, dan belum jelas kapal apa. Sehingga KM Dewaruci pagi ini dibawa kembali ke Dermaga 265 Pelabuhan Gresik karena mengalami pecah lambung," katanya.

Akibat peristiwa itu, KM Dewaruci Jaya hampir tenggelam karena pecahan lambungnya cukup luas, sehingga volume air yang masuk ke badan kapal cukup banyak.

Nanang mengaku, hingga kini pihaknya masih melakukan cek lapangan dan belum mendapat informasi secara detail mengenai kerugian dan korban akibat peristiwa itu.

"Saya masih melakukan cek ke lapangan, namun ada kabar bahwa salah satu ABK (anak buah kapal) hilang dalam peristiwa itu," katanya.

Meski terjadi peristiwa tersebut, aktivitas Pelabuhan Gresik tidak terganggu dan berjalan seperti biasa.

"Aktivitas pelabuhan tidak terganggu, dan kapal yang hampir tenggelam itu sudah diamankan ke dermaga. Kini kami bersama kepolisian masih melakukan pemeriksaan jumlah total ABK yang ada dalam kapal," katanya.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014