Los Angeles (ANTARA News) - Phil Everly, yang lantunan harmoni suaranya bersama sang kakak, Don, membuat aksi Everly Brothers menjadi salah satu pertunjukan rock dan country terbesar antara tahun 1950-an sampai awal 1960an, meninggal dunia di usia 74 tahun pada Jumat (3/1).

Everly meninggal dunia di daerah pinggiran Los Angeles, Burbank, akibat penyakit paru-paru kronis, kata istrinya Patti seperti dikutip laman harian Los Angeles Times.

Everly Brothers sangat mempengaruhi kelompok penyanyi dan pencipta lagu era 1960an, mulai dari personel Beatles John Lennon dan Paul McCartney, yang pada awal karir mereka menyebut diri Foreverly Brothers, sampai Simon and Garfunkel, the Byrds, the Hollies dan the Beach Boys.

"Bahkan mungkin pengaruhnya lebih kuat dibandingkan Elvis Presley, Everly Brothers memadukan country dengan rock & roll limapuluhan," kata majalah Rolling Stone yang menempatkan dua bersaudara itu pada nomor 33 dalam daftar "100 Artis Terhebat."

Phil dan Don berpisah tahun 1973 dan hubungan keduanya lantas renggang dalam satu dekade. Namun kepada majalah Time, Phil mengatakan bahwa hubungan mereka masih bertahan.

"Don dan saya terkenal karena perpisahan kami, tapi kami lebih dekat dibandingkan kebanyakan saudara lelaki. Harmoni dalam menyanyi mengharuskan kau memperbesar diri, tidak menggunakan jenis penekanan apapun. Harmoni itu cinta tertinggi," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014