Penanganan lonjakan harga dinilai penting karena kalau inflasi terus terjadi maka pertumbuhan ekonomi Sumut tahun ini terhambat lagi seperti 2013,"
Medan (ANTARA News) - Pengamat ekonomi Sumatera Utara meminta Pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi lonjakan harga berbagai barang untuk menekan inflasi di awal tahun 2014.

"Penanganan lonjakan harga dinilai penting karena kalau inflasi terus terjadi maka pertumbuhan ekonomi Sumut tahun ini terhambat lagi seperti 2013," kata Wahyu Ario Pratomo di Medan, Sabtu.

Inflasi yang tinggi seperti tahun 2013 sudah terbukti berdampak negatif langsung dimana jumlah penduduk miskin di daeah itu bertambah.

"Kalau kenaikan harga barang terjadi karena pasokan sedikit, Pemerintah harusnya segera membuka kran impor.Tetapi kalau karena dampak distribusi yang terganggu yang antara lain disebabkan spekulasi distributor atau pedagang, maka perlu sanksi tegas,"katanya.

Wahyu menegaskan, kenaikan harga berbagai barang sangat perlu dicarikan solusinya segera karena kenaikan harga elpiji 12 kg juga sudah langsung berdampak pada kenaikan harga berbagai makanan dan minuman.

"Pemerintah jangan bergerak lamban, karena inflasi sangat mempengaruhi perekonomian,"katanya.

Pada Januari 2013, inflasi secara bulanan di Sumut mencapai 1,39 persen dan kumulatif juga besarannya sama.

"Harusnya Pemerintah bisa menekan angka inflasi Januari 2014 di bawah angka Januari 2013,"katanya.

Di pasar Medan, hampir semua harga barang naik, seperti cabai yang mencapai Rp65.000 per kg, tomat Rp20.000 per kg dan ayam pedaging Rp24.000 per kg.

Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Ateng Hartono mengaku tidak bisa memprediksi besaran angka inflasi di Januari 2014.

Tetapi kalau harga berbagai barang terus naik seperti dewasa ini, maka inflasi bisa lebih tinggi dari Desember 2103 yang 0.02 persen.

Dia mengakui, pada awal tahun biasanya inflasi tren menguat yang antara lain dipicu dampak hari besar keagamaan Natal dan tahun baru.

Tahun 2013, secara kumulatif, inflasi Sumut jauh lebih tinggi dari dua tahun terakhir atau mencapai 10,18 persen.

Inflasi Sumut 2011 dan 2012 masing-masing masih 3,67 persen dan 3,86 persen.(*)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014