Banjarmasin (ANTARA News) - Pangkalan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu, terbakar dan api cepat membesar.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Kalsel, Diedin, kepada Antara di Banjarmasin menyampaikan bahwa pangkalan solar tersebut terbakar pada Minggu (5/1) sekitar pukul 13.00 WITA.

Kebakaran itu telah meludeskan pangkalan minyak hingga rata dengan tanah.

"Bukan hanya pangkalan BBM jenis solar yang hangus terbakar, tapi tiga kapal nelayan yang berdekatan dengan lokasi tersebut pun ludes ikut terbakar," katanya.

Kebakaran pangkalan solar itu terjadi di kawasan Jalan Fitri Anor gang Bornea, Desa Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

"Nama pangkalan yang terbakar menurut dari data yang masuk ke Tagana Kalsel adalah pangkalan 5999, tapi untuk penyebab sendiri masih dalam penyelidikan pihak berwajib," terangnya kepada Antara.

Dalam musibah kebakaran itu, hingga saat ini tidak ada laporan atau informasi di lapangan yang menyebutkan adanya korban jiwa.

Kejadian tersebut ditaksir telah menimbulkan kerugian meteri miliaran rupiah, ditambah tiga kapal nelayan yang juga terbakar.

Kasus terbakarnya pangkalan solar itu telah ditangani oleh pihak kepolisian setempat dan tempat kejadian pun dipasang garis polisi untuk sementara waktu.

"Kita tidak mengetahui apa penyebab sehingga terjadi kebakaran di pangkalan tersebut, jadi untuk penyelidikan dan guna mengetahui apa penyebabnya semua kita serahkan ke pihak yang berwajib," tuturnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014