Teheran (ANTARA News) - Iran siap memberikan bantuan militer kepada tentara Irak guna membantu memerangi gerilyawan Al Qaida jika negara Arab itu meminta bantuan Teheran, kata wakil Kepala Staf Gabungan Militer Iran.

"Kami belum menerima permintaan resmi, tetapi jika mereka membuat permintaan, kami pasti memberi mereka peralatan dan konsultasi," kata Brigadir Jenderal Mohammad Hijazi kepada wartawan, Minggu, seperti dilasporkan MNA.

Hijazi juga mengatakan bahwa tentara Irak memiliki pasukan yang cukup untuk menghadapi teroris dan selama ini belum ada kebutuhan untuk mengirimkan pasukan militer Iran.

Selain itu, para pejabat militer mengatakan bahwa Iran tidak akan melakukan operasi gabungan apapun dengan Amerika Serikat untuk melawan Al Qaida di Irak.

Menurut Reuters, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyuarakan keyakinan pada Minggu bahwa pemerintah Irak dan masyarakat suku akan berhasil dalam perjuangan mereka melawan Al Qaida, dan mengatakan bahwa Washington tidak mempertimbangkan pengiriman pasukan kembali ke Irak.

Ketegangan aliran dan suku meningkat di Irak selama beberapa tahun belakangan, terbakar oleh konflik di negara tetangga Suriah, tempat pemberontak, terutama Sunni, berperang melawan pemerintah Presiden Bashar al-Assad.


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014