Los Angeles (ANTARA News) - Produser film Hollywood Saul Zaentz, pemenang Oscar film terbaik untuk "One Flew Over the Cuckoos Nest," "Amadeus" dan "The English Patient," telah meninggal pada usia 92, kata media AS.

Zaentz meninggal karena komplikasi penyakit Alzheimer di rumahnya di San Francisco, Jumat, kata keponakannya Paul Zaentz kepada Los Angeles Times.

"Dia adalah pria yang luar biasa," kata Paul Zaentz, yang bekerja dengan pamannya selama 37 tahun kepada Hollywood Reporter.

"Dia punya banyak nyali, banyak integritas," tuturnya.

Zaentz, yang memulai dalam bisnis musik sebelum pindah ke film, dikenal karena memproduksi film intelek, dan bahkan lari ke perusahaan produksi film independen di Berkeley - dekat San Francisco - untuk menjaga jarak dari Hollywood.

"One Flew over the Cuckoos Nest" (1975), co-diproduksi dengan aktor Michael Douglas, dibintangi Jack Nicholson sebagai pasien di rumah sakit jiwa. Film ini memenangkan lima Oscar, termasuk sutradara terbaik untuk Milos Forman.

Zaentz dan Forman bekerja sama lagi untuk "Amadeus" (1984) tentang kehidupan Wolfgang Amadeus Mozart. Film ini memenangkan delapan Oscar, termasuk film terbaik, sutradara terbaik dan aktor terbaik untuk F Murray Abraham.

Untuk "The English Patient" (1996), sebuah drama berlatar Perang Dunia II, Zaentz bekerja sama dengan sutradara Anthony Minghella. Film ini memenangkan sembilan Oscar, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik.

Pada malam penghargaan Oscar pada tahun 1977, Zaentz dianugerahi Irving Thalberg Memorial G Award untuk pencapaian karir seumur hidup.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014