Washington (ANTARA News) - Defisit perdagangan internasional AS menyusut tajam pada November ke tingkat terendah empat tahun, karena rekor ekspor dan penurunan impor, data pemerintah yang dirilis Selasa menunjukkan.

Defisit perdagangan menyempit untuk bulan kedua berturut-turut, menjadi 34,3 miliar dolar AS pada November, kesenjangan terkecil sejak September 2009, departemen perdagangan mengatakan, lapor AFP.

Penurunan bulanan 12,9 persen dalam defisit kronis barang dan jasa AS dengan seluruh dunia jauh lebih curam dari yang diperkirakan. Rata-rata analis memperkirakan defisit 40,4 miliar dolar AS.

Departemen merevisi angka Oktober menjadi 39,3 miliar dolar AS dari perkiraan sebelumnya sebesar 40,6 miliar dolar AS.

Ekspor November naik 0,9 persen ke rekor 194,9 miliar dolar AS.

Impor turun 1,4 persen menjadi 229,1 miliar dolar AS di tengah penurunan harga minyak.

Impor minyak mentah, yang mewakili sekitar 10 persen dari total impor, turun 10,8 persen pada November menjadi 21,4 miliar dolar AS.

Namun demikian, impor mobil terus meningkat, mencapai rekor 27,2 miliar dolar AS, kata departemen perdagangan.

"Beberapa perbaikan mencerminkan harga daripada volume tetapi data riil (disesuaikan dengan inflasi) juga positif," Jim OSullivan dari HFE Economics mengatakan dalam sebuah catatan penelitian.

"Data terlihat konsisten dengan ekspor neto menambahkan setidaknya satu poin terhadap pertumbuhan PDB riil kuartal keempat," katanya.

Defisit November adalah 26,1 persen kurang daripada November 2012. Ekspor 5,2 persen lebih tinggi dan impor 1,1 persen lebih rendah.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014