pelatih asal Skotlandia itu pernah menyatakan perlu merekrut enam pemain anyar ke Old Trafford.
Sunderland (ANTARA News) - Siapa-siapa saja pemain yang masih perlu dipertahankan di Manchester United, pasca kekalahan kekalahan 1-2 dari Sunderland dalam leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadium of Light, Rabu dini hari WIB?

Ya, saatnya kini Moyes menggusur pemain-pemain yang tidak becus, mengingat pelatih asal Skotlandia itu pernah menyatakan perlu merekrut enam pemain anyar ke Old Trafford.

Keperluan menggusur pemain Manchester United yang tidak becus mengemuka setelah skuad asuhan Moyes menerima kekalahan ketiga setelah sebelumnya juga keok dari Swansea City (1-2) dan Tottenham Hotspur (1-2) di ajang Premier League.

Menghadapi Sunderland, MU ketinggalan lebih dulu setelah Ryan Giggs melakukan gol bunuh diri pada menit ke-47. Gol balasan bagi MU dilesakkan oleh Nemanja Vidic pada menit ke-52.

Harapan MU pupus setelah Fabio Borini mencetak gol dari titik putih pada menit ke-63 untuk kemenangan Sunderland.

Berikut sejumlah evaluasi atas penampilan sejumlah pemain Manchester United yang menghuni masing-masing lini sebagaimana dikutip dari situs Daily Mail.

Penjaga gawang:
* David Moyes sekurang-kurang perlu yakin bahwa David de Gea adalah sosok penjaga gawang masa depan United. Pemain asal Spanyol itu merupakan penjaga gawang yang direkrut berkat kejelian dan kecermatan Alex Ferguson semasa menjabat sebagai manajer.
* De Gea dinilai kompeten menjadi penjaga gawang di atmosfer Premier League.

Lini pertahanan:
* Faktor Vidic relatif menentukan di lini pertahanan Manchester United. Kiprahnya selama bertahun-tahun memperkuat lini pertahanan tidak dapat dipandang sebelah mata. Penampilannya kelihatan pontang-panting menghadapi pemain depan Sunderland, Steven Fletcher.
* Jonny Evans juga berjuang keras mengimbangi pegerakan serba dinamis dari Fletcher. Moyes kemudian mengandalkan Patrice Evra, dan penampilan pemain asal Prancis ini sedikit mengalami peningkatan.

Lini gelandang:
*  Ryan Giggs melakukan gol bunuh diri pada menit ke-47, dan para pendukung Sunderland bersorak riang setelah menyaksikan pemain berusia 40 tahun itu melakukan kekeliruan fatal. Saatnya, lini gelandang Manchester United diisi oleg gelandang yang berusia muda dan punya talenta.
* Penampilan Adnan Januzaj bergitu memikat ketika menempati posisi sayap. Penampilan Michael Carrick terus menunjukkan grafik meningkat karena ditopang kebugaran fisik, sementara Tom Cleverley punya peran yang tidak kecil.

Lini depan:
* Sedikit banyak, tuan rumah Sunderland menerima bonus dengan absennya Robin Van Persie. Pemain asal Belanda ini menjalin kerjasama makin padu bersama dengan Wayne Rooney.
* Danny Welbeck terus berjuang karena ia beberapa kali diberi kepercayaan sebagai "the lone striker", hanya saja ia masih perlu mengasak naluri mencetak gol.  

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014