Jakarta (ANTARA News) - Kedatangan pemain nasional SEA Games 2013, Kaleb Ramot Gemilang, di seri II Liga Bola Basket Nasional (NBL) akan memberikan tantangan kepada debutan lain seperti Dicky Wibisono dan Januar Kuntara, serta memanaskan persaingan merebut gelar "Rookie of the Year" 2014, kata panitia penyelenggara.

"Kaleb sudah dipastikan akan main dan memperkuat Satya Wacana Metro LBC Bandung. Persaingan 'rookie' akan semakin ketat," kata Manajer Publik dan Komunikasi Media NBL, Roky Maghbal. saat berdiskusi di kantor redaksi LKBN Antara, Jakarta, Rabu.

Kaleb, kata Roky, telah memastikan fit untuk tampil di Seri II nanti yang akan dimulai pada 11 Januari di Jakarta.

Jika Kaleb tampil, pemain jebolan Liga Mahasiswa ini akan mengawali debutnya melawan klub kuat CLS Knights Surabaya pada 12 Januari di Gedung A Basket Senayan.

Namun, kata Roky, perjalanan Kaleb untuk "bersinar" di NBL tidak akan mudah. Kaleb akan mendapat tantangan hebat dari para seniornya dan para pemain debutan yang berhasil tampil gemilang terlebih dahulu pada Seri I di Malang, Jawa Timur, Novermber lalu.

Para debutan itu seperti Dicky Satria Wibisono, mesin poin andalan Pacific Caesar Surabaya, dan  rekan kaleb di Satya Wacana, Januar Kuntara atau  M Rizal Falconi yang memperkuat Garuda Kukar Bandung.

Dicky, kata Roky, telah membuktikan bahwa Satya Wacana tidak salah memberikan kepercayaan terhadap Dicky dengan torehan 63 angka dari enam permainan, atau rata-rata 10,5 poin per permainan.

Torehan itu menjadikannya sebagai debutan paling produktif selama seri I lalu.

"Terdapat juga Yanuar, yang menjadi top "assist' di Seri I lalu. Dia mencetak 23 'assist' dari empat penampilan, atau rata-rata membukukan 5,75 assists per permaianan," ujar Roky.

Dalam NBL 2014, total terdapat 30 debutan yang akan turut memanaskan persaingan.  Kaleb, pemain berpostur 183 cm/92 kg ini merupakan satu-satunya pemain Timnas SEA Games 2013 yang bukan berlatar-belakang pemain profesional. Meskipun demikian, Kaleb sering dipercaya turun sebagai "starter" oleh pelatih Timnas Tjetjep Firmansyah.

Sementara itu, Seri II NBL akan dimulai pada 11 Januari mendatang, dengan pertandingan antara dua rival abadi Satria Muda Britama Jakarta melawan juara bertahan Aspac Jakarta.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014