Saya mengungkapkan bahwa saya homoseksualitas karena saya ingin berdiskusi mengenai homoseksualitas di kalangan olahragawan profesional
Muenchen (ANTARA News) - Mantan gelandang Aston Villa Thomas Hitzlsperger buka-bukaan dengan mengaku bahwa dirinya seorang gay.

Mantan pemain yang kini berusia 31 tahun itu telah membela timnas Jerman dalam 52 laga. Ia juga pernah berkostum West Ham dan Everton. Hitzlsperger mengungkapkan bahwa dirinya gay dalam surat kabar Jerman, Die Zeit.

Ia terbilang sebagai pesepakbola yang relatif kondang. Pernyataan bahwa dirinya homoseksualitas itu disebutnya sebagai "sesuatu hal yang sudah saatnya" diungkapkan secara terang benderang kepada publik, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

"Saya mengungkapkan bahwa saya homoseksualitas karena saya ingin berdiskusi mengenai homoseksualitas di  kalangan olahragawan profesional," katanya menambahkan.

Hitzlsperger menyatakan gantung sepatu pada September lalu setelah ia mengalami serangkaian cedera. Ia kemudian menyebut bahwa "dalam beberapa tahun ke depan" ia "lebih suka menjadi orang lain", dan ia menambahkan, "Saya tidak merasa malu dengan jalan hidup saya ini."

Ia juga menyatakan pembicaraan mengenai homoseksualitas di ruang ganti pemain menjadi hal yang tabu. Tidak mudah untuk mengomentari soal seputar homoseksualitas di ranah sepak bola.

"Bayangkan saja, bila ada 20 pria yang duduk bersama sambil minum-minum, maka sebagian dari mereka akan mengejek seraya mencemooh homoseksualitas," katanya.

Sejumlah olahragawan berprestasi beberapa tahun belakangan ini bicara blak-blakan mengenai orientasi kehidupan seksualitas mereka. Atlet Olimpiade Tom Daley pada Desember lalu mengaku bahwa ia menjalin hubungan asmara dengan seorang pria.

Pada 1990, mantan pemain sepak bola Timnas U-19 Inggris Justin Fashanu mengaku bahwa dirinya gay. Ia melontarkan pengakuannya itu setelah ia berusia 37 tahun.

Pada Februari 2013, mantan pemain sayap timnas Amerika Serikat yang juga bermain bagi Leeds United Robbie Rogers mengatakan bahwa ia seorang gay.

Berikut perjalanan karier  Hitzlsperger di klub:
* Agustus 2000: Dalam usia 18 tahun, ia bergabung bersama Aston Villa dari akademi sepak bola Bayern Muenchen.
* Agustus 2005: sesudah hampir 100 kali tampil bersama Villa, ia kemudian hengkang ke Stuttgart dengan status bebas transfer. Ia membawa timnya menjadi  juara  Bundesliga musim 2006/07.
* Agustus 2010: Ia bergabung dengan Lazio dan bermain dalam enam laga bagi tim asal Italia itu.
* Juni 2010: Ia pindah ke Westh Ham dengan status bebas transfer, meski hanya 11 kali membela klubnya itu.  
* Agustus 2011: Ia menandatangani kontrak dengan Wolfsburg dengan bebas transfer.     
* Oktober 2012: Ia bergabung dengan Everton dengan tampil dalam tujuh pertandingan bersama "The Toffees".
  

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014