Palu (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Media Survei Indonesia (MSI) Asep Rohmatullah mengemukakan tiga figur akan mendongkrak elektabilitas Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulawesi Tengah dalam Pemilihan Umum Legislatif pada 9 April 2014.

Asep Rohmatullah kepada wartawan di Palu, Kamis, menyebutkan ketiga figur itu adalah Bandjela Paliudju yang merupakan mantan Gubernur Sulawesi Tengah dua kali periode, selanjutnya Faisal Mahmud yang merupakan mantan Rektor Universitas Alkhairaat dan pernah juga mencalonkan sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Tokoh selanjutnya adalah Ketua Partai Nasdem Sulawesi Tengah Ahmad Ali yang juga pernah maju sebagai calon Bupati Morowali 2013--2018.

Asep mengatakan Partai Nasdem diperkirakan akan unggul di daerah pemilihan lima yang meliputi Kabupaten Morowali, Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-Una. Daerah tersebut adalah daerah "kekuasaan" Ahmad Ali.

Selain itu, Nasdem juga mengklaim partai politik yang bersih dan secara nyata menawarkan program kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Media Survei Indonesia, Partai Nasional Demokrat menempati elektabilitas posisi kedua setelah Partai Golongan Karya (Golkar).

Dalam survei yang diikuti 1.200 responden itu, katanya, Partai Golkar memperoleh suara 23,25 persen, selanjutnya Partai Nasional Demokrat dengan persentase 19,05 persen, dan disusul Partai Demokrat sebesar 9,08 persen.

Menurut Asep, Golkar adalah partai politik paling siap secara infrastruktur di Provinsi Sulawesi Tengah dan basis yang kuat.

Selain partai politik senior, katanya, Golkar juga memiliki tokoh berpengalaman dengan keikutsertaannya di setiap pemilihan umum. (*)

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014