Saya terus sampaikan kepada mereka bahwa dengan bermain lepas dan motivasi yang tinggi kita bisa imbangi Persipura...
Jayapura (ANTARA News) - Tuan rumah Persipura Jayapura secara mengejutkan dikalahkan oleh tim pendatang baru di Liga Super Indonesia Perseru Serui di stadion Mandala dengan skor 2-3 dalam pertandingan pertama Inter Island Cup 2014 zona Sulawesi-Papua, Jumat.

Persipura Jayapura unggul lebih dulu pada babak pertama lewat tendangan kaki Fery Pahabol kala pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan bebas pemain timnas U-23 itu dari sisi kiri pertahanan Perseru Serui melengkung masuk ke gawang yang kawal kiper Teguh Amirudin.

Pada babak pertama ini, baik Persipura maupun Perseru saling menyerang, tetapi dari segi peluang "Mutiara Hitam" lebih dominan. Baik dari penyerang barunya Jaelani Arey Sibi, Ruben Karel Sanadi dan Bokay Edi Foday. Namun hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk Persipura.

Memasuki babak kedua, pertandingan baru berjalan beberapa detik ketika anak asuh Roby Maruanaya berhasil menggetarkan jala gawang Persipura yang dijaga oleh Ferdiansyah, namun wasit Iwan Sukoco menganulir gol dan menyatakan salah satu pemain Perseru Serui terlebih dahulu offside.

Pertandingan babak kedua tersebut berlangsung di bawah guyuran hujan yang cukup deras, sehingga sejumlah pemain di kedua tim sering kali salah umpan dan gampang terjatuh.

Gol dari Sunday Oboh pada menit ke 51 menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Selang tujuh menit kemudian gol dari penyerang Perseru Serui Arthur Barius Bonay membalikan keadaan menjadi 1-2 bagi tim tamu.

Empat menit kemudian, pemain gelandang Persipura Ian Louis Kabes menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti di sisi kanan pertahanan Perseru Serui. Penonton pun bersorak.

Pada menit 69 serangan balik Perseru berbuah hasil, Yustinus Pae menjatuhkan pemain gelandang Perseru Alex Yarangga di sisi kanan pertahan Persipura. Wasit Iwan Sukoco langsung memberikan tendangan bebas kepada tim asal Kabupaten Kepulauan Yapen.

Mantan pemain Sriwijaya FC Oktovianus Maniani yang mengambil tendangan bebas berhasil melambungkan bola ke dalam kotak penalti Persipura. Bokay Edy Foday yang hendak membuang bola keluar malah masuk ke dalam gawangnya. Skor pun berubah 2-3 dengan keunggulan tim Perseru Serui.

Melihat keadaan berubah, Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mencoba memasukan Titus Bonay dan Ricky Kayame, tetapi pergantian itu tidak mengubah hasil. Keunggulan 2-3 tetap milik anak asuh Roby Maruanaya.

Usai pertandingan pelatih Jacksen mengucapkan selamat kepada pelatih Perseru Roby Maruanaya karena keberhasilan anak asuhnya mengalahkan Ian Louis Kabes dan kawan-kawan. "Biasanya di pertandingan awal IIC itu kami bermain draw tapi kali ini kami kalah dari Perseru. Selamat untuk Coach Roby," katanya.

Sementara pelatih Roby Maruanaya mengatakan anak asuhnya bisa meraih kemenangan karena motivasi yang tinggi untuk menunjukkan kebolehan. "Saya terus sampaikan kepada mereka bahwa dengan bermain lepas dan motivasi yang tinggi kita bisa imbangi Persipura dan terbukti kami menang. Saya bersukur dengan hasil ini, Persipura bukan tim yang gampang dikalahkan," tutupnya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014