Malang (ANTARA News) - Persija Jakarta mampu mengimbangi permainan Persepam Madura United, bahkan menahan imbang 1-1, meski harus bermain dengan 10 pemain dalam pertandingan kedua kompetisi Inter Island Cup 2014 di Stadion kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu petang.

Persija harus kehilangan Fabiano Lopez pada menit ke-72 setelah wasit Ahmad Suparman dari Bandung mengganjar kapten tim berjuluk Macan Kemayoran itu karena menendang kaki Issack Djober dengan keras.

Persija Jakarta unggul terlebih dahulu pada menit ke-58 setelah Mario Costas mampu memanfaatkan bola rebound dari tendangan penaltinya yang mampu diblok dengan baik oleh kiper Persepam Syaifuddin.

Sementara gol balasan Persepam yang mengoyak jala gawang Persija yang dikawal Andry Tani dilesakkan oleh Silvio Escobar pada menit ke-70 karena kesalahan para pemain belakang anak asuh Benny Dollo tersebut.

Sejak "kick off" babak pertama dimulai, kedua tim langsung saling serang dan saling menekan, namun lini pertahanan kedua tim yang cukup kokoh tak memberikan kesempatan lawan masing-masing untuk menerobosnya. Bahkan, hingga 45 menit pertama pun berakhir, skor masih tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim juga tak menurunkan tensi permainannya, bahkan lebih agresif menyusur celah yang memungkinkan bisa membuahkan gol. Serangan intensif yang gencar dilakukan para pemain Persija membuahkan hasil tendangan penalti.

Kekacauan lini belakang Persepam akhirnya berbuah tendangan penalti setelah Fachruddin mengganjal Fabiano di kotak terlarang. Mario Costas yang dipercaya mengeksekusi tendangan penalti gagal membobol gawang Syaifuddin, namun Mario mampu memanfaatkan bola rebound, sehingga berbuah gol dan skor pun berubah menjadi 1-0.

Tertinggal 1-0, Persepam justru menggencarkan serangannya yang mampu mengobrak-abrik pertahanan Persija. Kelengahan Fabiano Lopez tak disia-siakan Silvio Escobar untuk menjebol gawang Andry Tani pada menit ke-70 dan kedudukan menjadi 1-1.

Dua menit setelah gawang Persija jebol, Fabiano harus diganjar kartu merah oleh wasit Ahmad Suparman karena menendang kaki Issack Djober cukup keras. Meski kehilangan satu pemain, Persija tak mengendurkan serangannya hingga babak kedua berakhir.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 45 menit babak kedua berakhir. Sementara Arema akan menghadapi Persela Lamongan di stadion yang sama pada pukul 19.00 WIB.

Para pemain tim yang masuk grup Jawa 2 dalam turnamen Inter Island Cup (IIC) 2014, praktis tidak ada jeda dan recovery sama sekali karena, Jumat (10/1) tim juga bertanding. Mereka hanya punya waktu istirahat satu hari (Minggu, 12/1) dan Senin (13/1) akan bertanding kembali dalam laga terakhir babak penyisihan IIC.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014