Langkat, Sumut (ANTARA News) - Jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, bertambah dan sekarang tercatat 588 jiwa.

"Ada penambahan pengungsi yang datang dari Kabupaten Tanah Karo," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat Hardianul Zally di Stabat Bingei, Senin.

Semula pengungsi sudah bekurang menjadi 304 jiwa, namun sekarang bertambah lagi dengan datangnya pengungsi dari Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Tanah Karo, sehingga menjadi 588 orang

Bertambahnya pengungsi itu setelah terjadi erupsi pada Sabtu. Mereka terdiri dari 178 keluarga, mencakup 307 laki-laki dan 281 perempuan.

Badan Penangulangan Bencana Daerah kabupaten Langkat sudah menambah dua buah tenda pengungsian lagi yang didirikan di posko penampungan pengungsi yang ada di Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei.

Hardianul mengatakan, BPBD Langkat akan menambah volume pasokan sayuran dan lauk pauk untuk pengungsi.

Secara terpisah Kepala Desa Telagah Suranta Sitepu menjelaskan sejak Selasa (31/12) hingga Rabu (1/1) dan Sabtu (11/1) , hujan abu vulkanik Sinabung melenda Kecamatan Sei Bingei dan membuat jarak pandang terbatas.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014